arrow_upward

Buya Mahyeldi Piawai Menggaet Investasi

Rabu, 14 Oktober 2020 : 10.39

 

Oleh Miko Kamal

Investasi penting. Investasi menggerakkan perekonomian. Dengan investasi, lapangan pekerjaan akan terbuka. Pengangguran akan berkurang. Jika yang mengganggur tidak banyak, kehidupan sosial akan baik.

Hasrat berbuat kriminal seperti mencuri dan membegal akan merendah, bahkan bisa hilang. Kalau sudah begitu, realisasi masyarakat madani sudah di depan mata.

Sederhananya, investasi terbagi 2. Investasi dalam negeri dan investasi asing. Keduanya baik. Bagi saya, yang berasal dari dalam negeri lebih baik.

Tambahkan teks

Hitungannya simpel saja. Kalau yang berinvestasi itu orang Jakarta, keuntungan investasinya paling jauh dibawa ke Jakarta. Masih berputar di Indonesia juga. Apalagi kalau yang berinvestasi itu orang lokal, uang hasil investasinya tetap di daerah. Tidak ada capital outflow.

Sebaliknya, investor asing tentu akan menggunggung hasil investasinya ke negara asalnya. Itu wajar. Tidak diawak dan diorang. Kalau saya punya uang dan berinvestasi di Singapura, untung investasinya tentu saya bawa ke Padang.

Menarik investasi ada seninya. Tidak semua pemimpin piawai melakukannya. Tergantung kepada gaya dan nawaitu pemimpin. Ada yang menjadikan peluang investasi sebagai kesempatan memperkaya diri. Setiap investor yang datang untuk berinvestasi habis dipalaknya.

Mahyeldi (Buya M) telah membuktikan kepiawaiannya. Di masa kepemimpinannya, realisasi investasi di Padang meningkat tajam. Tahun demi tahun meningkat terus.

Ini angka-angkanya. Tahun 2016, investasi dalam negeri yang terealisir adalah 357,6 M. Tahun 2017 meningkat menjadi 718,2 M. Setahun berikutnya (2018), meningkat lagi menjadi 746,8 M dan puncaknya tahun 2019 terealisir Rp2,2 triliun (DPMPTSP Padang, 2019). Sungguh luar biasa bukan?

Prestasi Buya M dalam bidang investasi, tahun 2018, diapresiasi oleh Tempo Media Group yang bekerjasama dengan Frontier Consulting Group. Kota Padang diganjar penghargaan Gold Kota Terbaik kategori Investasi dan penghargaan Platinum Kota Potensial kategori Pariwisata Indonesia Attractiveness Award 2018.

Kok bisa seluar biasa itu? Apa rahasianya? Pengusaha suka berinvestasi di Padang karena selama ini mereka tidak pernah dijadikan objek pemalakan oleh aparatur pemerintahan di bawah pimpinan Buya M. Itu saya dengar langsung dari mulut beberapa pengusaha. Tidak satu dua orang yang menceritakan itu. Buya M berhasil mengarahkan stafnya untuk berperan sebagai birokrat yang helpfull bagi investor. Ramah investasi.

Saya yakin, sekarang anda tidak lagi menunggu penjelasan lain tentang catatan prestasi Buya M dari saya. Yang anda tunggu hanya tanggal 9 Desember saja lagi. Apalagi Buya M didampingi milenial profesional, Audy Joinady Dt Pasisia Alam. (***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved