arrow_upward

Usaha Masyarakat Terbatas Akibat Pandemi Covid-19, Genius pun Turun Tangan

Friday, 18 September 2020 : 15:06
Walikota Pariaman, Genius Umar memberikan bibit tanaman kepada kelompok tani wanita. (humas)

Pariaman, AnalisaKini.id - Pandemi Covid-19 telah membuat resesi ekonomi rakyat akibat keterbatasan berusaha antisipasi terpapar virus Corona.

Menyadari keterbatasan usaha masyarakat Walikota Pariaman, Genius Umar pun turun tangan. Orang nomor satu di Kota Tabuik ini menyerahkan bantuan untuk KWT (Kelompok Wanita Tani) di halaman rumah dinas walikota, Kelurahan Kampung Jawa II, Kamis (17/9/2020).

Genius Umar menyemangati wanita tani untuk tetap berusaha meski selalu taat dengan protokol kesehatan.

“Wabah ini masanya panjang, tapi kita semua jangan menyerah dengan kondisi ini, selagi patuh protokol kesehataan Insya Allah kita terhindar Covid-19 dan usaha tani tetap dilakukan. Apalagi pandemi ini wanita tani harus berusaha keras memastikan ketersediaan pangan, " katanya.

Karena masa wabah Corona ini sangat penting memperkuat ketahanan pangan. Apalagi di tengah keterbatasan masyarakat kita, bantuan ini akan sangat bermanfaat nantinya.

Genius mengajak masyarakat untuk tetap produktif dan tidak boleh larut dengan situasi yang ada, dan harus selalu aktif dan produktif.

“Dengan adanya bantuan bibit tanaman sayur dan toga berupa jahe merah yang sangat cocok untuk meningkatkan imun tubuh ini, kami berharap dalam waktu 3 sampai 6 bulan ke depan, tanaman ini sudah bisa dipanen dan menjadi konsumsi untuk KWT dan para anggotanya,” ujarnya.

Genius Umar mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan perkarangan, untuk pengembangan pangan sesuai dengan kegiatan yang ada di DP3 Pariaman.

“Kami berharap tidak ada lagi lahan-lahan tidur yang tidak terurus, dimana lahan-lahan tidur ini nantinya dimanfaatkan untuk menanam bibit sayuran yang sudah dibagikan, yang gunanya nanti untuk bisa pemenuhan pangan anggota KWT,” tukasnya.

KWT kata Genius harus menjadi garda terdepan untuk ketahanan pangan bagi keluarga dan daerah.

“Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dari para anggota KWT, kita berharap daerah kita dapat sebagai daerah tangguh pangan dan juga mempunyai ketahanan pangan sendiri,”ujar Genius Umar.

Kepala DP3 Pariaman, Dasril mengatakan bantuan ini adalah bantuan tahap dua yang diberikan oleh Pemko Pariaman untuk seluruh KWT di Kota Pariaman, dimana tahap pertama sebelumnya sudah dibagikan bantuan untuk 10 KWT.

“Hari ini, kita membagikan 62 KWT lagi dari keseluruhan KWT di Kota Pariaman 72 KWT se Kota Pariaman, yang berarti seluruh KWT untuk tahun ini mendapatkan bantuan,” tuturnya.

Masing-masing KWT diberikan berupa 8 paket bibit sayuran, seperti kacang panjang, cabe rawit, terong, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe keriting ditambah dengan bibit toga yakni jahe merah 15 Kg.

“Kita juga memberikan Pot tanaman 60 buah, pupuk NPK 31 Kg dan pupuk organik 201,37 Kg, Waring Net sebanyak 1,5 ball ditambah polybag sebanyak 32 Kg, yang semuanya berasal dari DPA APBD DP3 Pariaman Tahun 2020,” tutupnya. (***)



Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved