arrow_upward

Pemko Padang Lepas Syahrul dengan Doa dan Penghargaan

Minggu, 20 September 2020 : 20.18

 

Wawako Padang Hendri Septa melepas kepergian salah seorang pejabat Pemko, Syahrul di halaman Balaikota, Aia Pacah. (humas)

Padang, AnalisaKini.id - Kabar duka tengah menyelimuti jajaran Pemko. Ini lantaran telah berpulangnya salah seorang pamong senior, Syahrul. Sebelum berpulang, beliau menempati jabatan sebagai Staf Ahli Walikota  Bidang Kemasyarakatan dan SDM. 

Sejumlah jabatan strategis pun pernah almarhum tempati, seperti mulai dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sampai Sekretaris DPRD Padang serta beberapa jabatan lainnya.

Kabar kepergian Syahrul ke pangkuan Ilahi datang secara mendadak. Tepat Sabtu (19/9) pukul 09.30 WIB, ia dikabarkan menghembuskan nafas terakhir di salah satu ruang inap di RSUP M Djamil Padang. Hal itu dikarenakan penyakit gagal ginjal yang ia derita selama beberapa bulan belakangan. Almarhum pun dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus.

Kepergian almarhum tentunya memberi duka yang mendalam tak hanya keluarga namun juga para sahabat serta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemko. Sebelum menuju tempat peristirahatan terakhir, Pemko menggelar upacara prosesi pelepasan jenazah di halaman Kantor Balaikota Padang, Aie Pacah sekira pukul 13.30 WIB. Sebelum dilepas jenazah disalatkan terlebih dahulu yang diimami Amriman (Kabag Kesra Setdako Padang).

Pelepasan itu pun dipimpin Walikota Mahyeldi secara virtual karena berhubung sedang berada di luar kota, lalu diikuti Wawako Hendri Septa, Sekda Amasrul serta para pimpinan OPD dan ASN di lingkup Pemko. Juga hadir Anggota DPRD Padang Muhidi serta lainnya.

Wako Mahyeldi menyampaikan, atas nama pribadi dan pemko merasakan sangat berduka atas kepergian almarhum Syahrul yang memiliki pribadi menyenangkan dan bertanggungjawab dalam tugas dan jabatannya itu.

Di mata Mahyeldi, ia menilai seorang Syahrul sebagai seorang ASN dan sekaligus pamong senior yang bertanggungjawab dengan tugasnya. Juga memiliki kehati-hatian yang cukup tinggi dalam pekerjaannya sehingga, keteladanan-keteladanan yang ada pada diri almarhum, diharapkan jadi bagian yang dicontoh untuk dilanjutkan dan dilaksanakan setiap ASN di lingkup Pemko.

Senada dengan itu, Wawako Hendri Septa memimpin doa agar kepergian almarhum dalam kondisi husnul khatimah. Ia berharap, Allah Swt akan menempatkannya ke tempat yang sebaik-baiknya (surga) yang memang menjadi harapan semua umat manusia.

"Kepada istri almarhum, beruntunglah memiliki seorang suami seperti bapak Syahrul dan juga anak beliau beruntung memiliki seorang ayah seperti beliau. Karena sangat banyak kebaikan-kebaikan yang telah beliau berikan, tidak hanya bagi keluarga namun juga dirasakan masyarakat dan Pemko. Bahkan ada yang mengatakan beliau di masa hidupnya adalah sang pemberi solusi berkat kebaikan, ketulusan dan kepeduliannya yang cukup tinggi," tukas Wawako Hendri sembari melepas almarhum dengan doa dan penghargaan.

Almarhum Syahrul, pria kelahiran Bukittinggi 3 Januari 1966 itu memiliki seorang istri dengan dikarunia satu orang anak.

Untuk karir birokrasi Syahrul, di Pemerintah Kota Padang dimulainya dengan menjabat Kasubbag Keuangan Bagian Umum terhitung mulai tanggal (TMT) 27 Desember 1995. Selanjutnya menjabat Kasubbag Perencanaan Bappeda Padang  TMT 17 April 2001, Kasubbag Penyusunan Program Bappeda Padang TMT 17 April 2001, Kasubbag Umum Bappeda Padang TMT 28 Mei 2005 dan promosi sebagai Sekretaris Bappeda Padang TMT 22 Januari 2009.

Kemudian ia pun sukses dengan promosi menempati jabatan eselon II yakni Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPKA) TMT 13 Juni 2011, lalu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) TMT 15 Juni 2015 dan Sekretaris DPRD TMT 4 Feburari 2019 serta terakhir menjabat Staf Ahli Wali Kota Padang Bidang Kemasyarakatan dan SDM hingga meninggal dunia. Dalam karirnya penghargaan nasional pernah diraih Syahrul, yaitu menerima penghargaan 'Satya Lancana Karya Satya' dari Presiden RI. (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved