arrow_upward

Asli Chaidir Ingatkan BNPB, Penanganan Abrasi Pantai Padang Harus Diprioritaskan pada 2021

Rabu, 09 September 2020 : 23.00
Anggota Komisi VIII DPR Asli Chaidir saat rapat dengar pendapat dengan jajaran BNPB. (ist)
Padang, AnalisaKini.id - Anggota DPR dari dapil Sumbar I, H. Mhd Asli Chaidir mengingatkan sekaligus menekankan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memprioritaskan penanangan abrasi pantai Padang pada anggaran 2021.

"Sudah beberapa kali dikunjungi dan dilihat ke lapangan dan kondisinya menyedihkan apalagi kalau dibiarkan, abrasi akan terus mengikis pantai. Jadi harus ditangani secepatnya," kata Asli saat dihubungi kemarin.

Dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VIII DPR dengan jajaran BNPB, Rabu (9/9) di gedung DPR Senayan itu, Asli membeberkan, di sepanjang pantai Padang yang kini terus ditata rancak oleh Pemko Padang. Bahkan hadirnya dua masjid di dekat pantai, termasuk kawasan wisata yang juga dipercantik, sebuah terobosan Pemko Padang untuk lebih baik dan dampaknya luar biasa.

Hanya saja, abrasi terus terjadi. Bahkan sebuah masjid megah di tepi pantai sempat kena abrasi. Padahal saat dibangun, masih aman. Begitu juga objek wisata Monumen Merpati juga kena abrasi dan bangunan areal yang mengarah ke laut sudah terkikis dan rusak.

"Solusinya, abrasi ini harus ditangani. Jadi harus diprioritaskan dalam anggaran 2021 agar masjid dan Monumen Merpati yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, selamat dari ancaman abrasi," katanya.

Asli juga menyinggung soal program desa tangguh bencana yang disampaikan jajaran BNPB yang ditargetkan ada 200 desa tangguh di 2021.

"Program desa tangguh bencana ini saya kira sangat bagus, agar masyarakat punya pengetahuan dan kesiapsiagaan ketika terjadi bencana. Dan tentunya yang menjadi fokus penerima program ini adalah daerah- daerah yang memang rawan bencana. Tapi harus benar-benar terimplimentasi dengan baik, harap Asli. (***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved