arrow_upward

Pendaftaran Mencari Pemimpin Sumbar Tutup, Yosmeri Bilang Kabar Baik untuk Demokrasi

Minggu, 09 Agustus 2020 : 20.49
Yosmeri
Padang, AnalisaKini.id—Berakhir sudah Koalisi Poros Baru mencari pemimpin untuk diusung pada Pilgub Sumbar 2020.

“Allhamdulillah sudah ditutup pendaftaran, selanjutnya tahap pemeriksaan berkas sesuai indikator yang ditetapkan dan melaporkan ke DPP parpol di Poros Baru melalui ketua partai tingkat provinsi masing-masing,”ujar Sekretaris DPW Partai NasDem Sumbar Muzmaizer Dt Gamuak, Minggu (9/8/2020).

Dari pantauan media ini, ada tokoh mendaftar sebagai Cagub maupun sebagai Cawagub dan ada langsung mendaftar dengan Paslonnya.

Tokoh yang mendaftar langsung dengan Paslonnya yakni Fakhrizal-Genius Umar dan Faldo Maldini-H Febby Dt Bangso. Sedangkan yang sendiri mendaftar yaitu Fauzi Bahar, Gusmal, Suherman, Syamsu Rahim dan Aldi Taher serta ada yang mengambil formulir diwakilkan kepada orang kepercayaannya.

Berakhirnya pendaftaran di Koalisi Poros Baru tadi itu dengan deratan tokoh yang mendaftar, menurut Pengamat Politik Sumbar Yosmeri kabar baik buat demokrasi Sumbar mencari pemimpin.

“Dalam konteks politik pemilihan sebenarnya tak sekadar partisipasi pemilih saja yang harus tinggi, tapi partisipasi tokoh menjadi pemimpin harus tinggi juga itu ditandai dengan ramainya orang mendaftar ke parpol atau koalisi parpol misalnya,”ujar Yosmeri, Minggu (9/8/2020) malam.

Koalisi Poros Baru membuktikan itu dengan pendaftaran terbuka untuk publik, ada sembilan tokoh Sumbar yang mendaftar.

“Animo dan partisipasi menjadi pemimpin di Sumbar terbukti tinggi dan koalisi Poros Baru membuktikannya,” ujar dia.

Yosmeri melihat fenomena ini mestinya parpol lain juga transparan membuka proses pendaftaran bakal calon.

“Jangan awalnya terbuka kepada insan pers tapi prosesnya tidak berkejelasan siapa yang diusulkan dan ditetapkan untuk didaftarkan KPU. Pengalaman selama ini publik dibikin terkejut ketika didaftar KPU tidak melalui proses pendaftaran di parpol sebelumnya,”ujar Yosmeri.(***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved