arrow_upward

PDIP Sentil Pemprov Sumbar dan Minta Pejabat Tiru Ali Mukhni

Senin, 24 Agustus 2020 : 20.40
H. Alek Indra Lukman. 
Padang, AnalisaKini.id - Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat H. Alex Indra Lukman meminta Pemerintah Provinsi Sumbar serius mengawasi penerapan protokol kesehatan guna menekan penyebaran Covid-19 di daerah itu.

Melalui keterangan tertulis di Padang, Alex Indra Lukman menegaskan keseriusan dan konsistensi itu jadi tolak ukur masyarakat dalam menilai upaya pencegahan penularan virus Corona oleh Pemerintah.

Menurut dia, hal ini tidak lepas dari terus naiknya grafik angka penularan virus yang telah melumpuhkan berbagai sendi kehidupan itu. Bagi warga yang terkonfirmasi positif, dia berharap mengabarkan kondisinya secara terbuka kepada masyarakat sekitar lingkungannya.

"Untuk para tokoh masyarakat, seharusnya jadi teladan sebagaimana dilakukan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Dia mengumumkan secara terbuka kondisinya yang terpapar Covid-19 begitu hasil test usap dinyatakan positif," katanya, Senin (24/8/2020).

Ia mengatakan tokoh masyarakat sangat penting bersikap terbuka karena dia berinteraksi dengan banyak orang setiap harinya. Pada saat ini salah satu cara efektif dalam penghentian penularan adalah melakukan tracing atau penelusuran setiap orang yang melakukan kontak erat dengan penderita.

"Inilah pentingnya bersikap terbuka," katanya

Alex mengapresiasi keterbukaan Ali Mukhni sehingga yang pernah kontak erat dapat segera melakukan tes usap. "Tak perlu takut ikuti tes usap. Ini semua untuk kebaikan bersama, terutama diri kita dan keluarga,” katanya.

Ia menekankan poin penting protokol kesehatan yang mesti diawasi pemerintah secara konsisten dan serius dengan mengingatkan warga untuk menggunakan masker, terutama di ruang publik, dan menjaga jarak di tempat keramaian.

Protokol kesehatan yang fokus kepada warga, yaitu kebersihan tangan jadi yang utama, tidak menyentuh wajah sembarang, dan menutupi hidung saat bersin dengan lengan bagian dalam.

"Jika terpapar, bisa isolasi secara mandiri. Yang paling penting adalah menjaga kesehatan dan minum multivitamin yang bermanfaat untuk imunitas tubuh," katanya.(***)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved