arrow_upward

Lestarikan Seni Budaya, Nasrul Abit Puji FKAN Pauh IX Kuranji

Selasa, 04 Agustus 2020 : 20.15
Wagub Sumbar Nasrul Abit, Ketua FKAN Nagari Pauh IX Evi Yandri dan pejabat lainya memukul gendang dalam rangka peresmian acara Festival Ekonomi Kreatif 2020. (humas)
Padang, AnalisaKini.id- Pemprov mengapresiasi kegiatan pagelaran budaya karya produk ekonomi kreatif Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Nagari Pauh IX Kuranji.

"Kegiatan ini melestarikan budaya tradisi yang telah turun temurun yang sewaktu-waktu akan bisa hilang karena perubahan zaman, jika tidak ada aktivitas prestasi yang menjaganya," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Nasrul Abit saat membuka acara Festival Ekonomi Kreatif 2020 yang diadakan Forum Komunikasi Anak Nagari Pauh (FKAN) Pauh IX di Medan Nan Bapenah KAN Kuranji, Senen malam (3/8/2020).

Nasrul Abit mengatakan, amat bangga Nagari Pauh IX bagian Kota Padang sebagai salah satu kota besar Indonesia menuju kota metropolitan yang modern, namun anak nagari Pauh IX merawat dan melestarikan dalam pagelaran budaya ini agar tetap berprestasi dan melestarikannya

"Kami mengucapkan terima kasih kepada anak nagari Kuranji, ketua KAN, ketua MPA , serta seluruh Ninik mamak, seluruh para pemuda/pemudi, yang menjaga kelestarian adat dan budaya Minangkabau sebagai jati diri daerah. Semoga sukses saudara-saudara kita dan Ninik mamak serta anak nagari yang mempertahankan tradisi budaya Minang di Sumbar," ujar Nasrul Abit.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Efi Yandri kegiatan ini merupakan semangat membangkitkan kesenian dan budaya sebagai benteng moral anak nagari Pauh IX Kota Padang dalam menghadapi tantangan informasi global.

"Kegiatan ini akan berlangsung dalam tiga bulan ke depan yang dilaksanakan setiap Sabtu malam minggu dan pelaksanakan kegiatan ini tetap mengacu pada disiplin protokol kesehatannya. Alhamdullilah pak Wagub Nasrul Abit meresmikan malam ini," ujar Efi Yandri.

Efi Yandri juga menyampaikan, bangga memiliki Nasrul Abit pemimpin yang peduli akan keprihatinan rakyat. Pendidikan, pelayanan kesehatan dan pembangunan daerah tertinggal serta perekonomian masyarakat selalu menjadi perbincangan beliau setiap waktu.

"Itu sebuah tanda-tanda beliau amat serius memajukan berbagai sektor pembangunan daerah menuju Sumatera Barat unggul dan sejahtera. Semoga Nasrul Abit sehat dan sukses jalan amanah masyarakat Sumbar," seru doa Efi Yandri.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar juga menyampaikan saat ini Sumbar mesti kembali produktif dengan inovasi dan kreativitas membangkitkan perekonomian daerah.

"Aktivitas pagelaran budaya ini merupakan salah satu upaya menggairahkan senibudaya anak anak nagari, sekaligus menampilkan produk UMKM, kuliner. Sehingga tercipta kesenian budaya terlestarikan, ekonomi masyarakat bergerak produktif", ujarnya

Ketua LPM Padang Irwan Basir Dt Rajo Alam menyampaikan, Wakil Gubernur Nasrul Abit merupakan sosok peduli pembangunan nagari dan daerah tertinggal. Dan Pak Nasrul Abit juga sosok yang berani memasuki daerah konflik di Wamena Irian dimana 9 orang Minang jadi korban.  (***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved