arrow_upward

Klinik Sehat Gajah Mada Ikut Lomba Vlog yang Diadakan BPJS Kesehatan

Senin, 17 Agustus 2020 : 15.54
Klinik Sehat Gajah Mada. 
Padang, AnalisaKini.id -Sebanyak 50 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di bawah naungan KC BPJS Kesehatan Padang mengikuti lomba video blog (vlog). Kegiatan dalam rangka HUT ke-75 RI itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Salah satu pesertanya adalah Klinik Sehat Gajah Mada yang berada di Jalan Gajah Mada No 15 Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang.

Fitra Mulia dari Klinik Sehat Gajah Mada menyebut semua pihak memang tidak boleh lalai dan abai dalam upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan lupa terapkan physical distancing. Pemerintah sudah menyatakan agar masyarakat konsisten menerapkan 3 Disiplin Plus. Kami yakin jika hal itu dilakukan terus-menerus maka kasus covid-19 di Indonesia secara perlahan akan terus berkurang. Bahkan tidak menutup kemungkinan hilang dari Tanah Air kita,” kata peserta Vlog dari FKTP @KlinikSehatGajahMada itu.

Sementara itu, Kepala BPJS KC Padang Rizka Adhiati, mengatakan tema lomba vlog adalah tentang penerapan protokol kesehatan di FKTP. Adaptasi kebiasaan baru di sektor layanan kesehatan menjadi penting untuk mencegah perluasan penularan Covid-19.

Seperti diketahui, adaptasi kebiasaan baru tersebut antara lain, menerapkan 3 Disiplin Plus yaitu Disiplin menggunakan masker yang benar, Disiplin rajin mencuci tangan dengan sabun yang benar, Disiplin menjaga jarak yang benar. Plus yang dimaksud adalah berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Khusus FKTP Kota Padang yang di bawah Naungan @KCPadang lomba vlog diikuti sekitar 50 FKTP. Selain ikut memeriahkan HUT RI ke-75, juga ingin mendorong fasilitas kesehatan dan masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan covid-19,” ujar Rizka Adhiati.

Lomba vlog diharapkan dapat meyakinkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat bahwa protokol kesehatan Covid-19 tak akan mengurangi atau menutup akses layanan kesehatan di FKTP. Karena semua itu dijamin oleh Program JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat).

“Salah satu bentuk kemajuan bangsa Indonesia di tahun kemerdekaan ke-75 adalah memiliki program jaminan kesehatan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutur dia.

Digelarnya lomba vlog, Rizka berharap, dapat memperkuat peran FKTP dalam mengedukasi peserta JKN dan masyarakat sekitar agar terhindar dari penularan covid-19. FKTP juga dapat memberi informasi seputar penerapan protokol kesehatan, inovasi, kemudahan dalam mengakses layanan, serta program promotif dan preventif lainnya.

FKTP yang ingin berpartisipasi dalam lomba, lanjut Rizka, mengunggah vlog pada 17 Agustus 2020 secara serentak. Vlog akan dinilai tim dewan juri secara berjenjang mulai tingkat cabang, tingkat wilayah dan tingkat nasional.

Tim dewan juri cabang dan wilayah akan melibatkan Dinas Kesehatan serta Tim Kendali Mutu dan Biaya dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padang. Sementara tim dewan juri nasional melibatkan Kementerian Kesehatan, SatuanTugas Penanganan Covid-19 Nasional serta pakar komunikasi.(***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved