arrow_upward

Andre Rosiade Sebut Gerindra Hampir Rampungkan Calon di Pilkada se-Sumbar

Monday, 10 August 2020 : 09:00
Andre Rosiade
Padang, AnalisaKini.id -Langkah partai pemenang Pemilu 2019 di Sumbar, Gerindra sangat ditunggu dalam kontestasi Pilkada serentak 9 Desember 2020 ini. Siapa yang akan diusung oleh partai besutan Prabowo Subianto itu menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat, setelah memastikan akan mengusung Nasrul Abit dan Indra Catri (NA-IC) di Pilgub Sumbar.

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Sabtu (8/8) malam mengatakan, sejumlah perkembangan baru di Pilkada Kabupaten/Kota di Sumbar memang sudah hampir dapat dipastikan. Terbaru, Gerindra telah menetapkan pasangan calon di Tanah Datar, Limapuluh Kota, Dharmasraya, sampai di Kabupaten Solok.

“Untuk Tanah Datar, kami akan mengusung Eka Putra dan Richi Aprian dengan koalisi Partai Gerindra dan Demokrat. Pasangan ini dinilai mampu menjadi solusi untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan Bupati saat ini Irdinansyah Tarmizi,” kata Andre yang baru selesai mengikuti Kongres Luar Biasa (KLB) Gerindra yang menetapkan kembali Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra.

Di Limapuluh Kota, kata Andre, menjagokan M Rahmad-Asyirwan Yunus untuk memenangkan Pilkada. Keduanya dinyatakan cocok memenangkan pertarungan melawan incumbent Bupati Irfendi Arbi. “Mungkin saja koalisinya, Gerindra, Demokrat, Hanura dan PKB,” kata anggota DPR asal Dapil Sumbar 1 ini.

Untuk Dharmasraya, kata Andre, karena semua kader telah menyepakati opsi #2020 Ganti Bupati, maka dukungan akan diberikan kepada Amrizal Rajo Medan (RJM) dan H Herman. Koalisinya tentunya Gerindra, Golkar, PKS dan partai lain.

“Kami meyakini, komposisi ini cukup ideal melawan incumbent Bupati yang didukung PDI P,” kata Wasekjen DPP Gerindra ini.

Salah satu kejutan yang bisa saja mencuat, sebut Andre, adalah di Pilkada Kabupaten Solok, dimana Gerindra akan berkoalisi dengan PAN. Pasangan yang diusung adalah mantan anggota DPR, Epyardi Asda dengan Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu. “Ini bisa saja menjadi pasangan yang kita jagokan memenangi Pilkada Kabupaten Solok, jadi mohon dukungan semua,” katanya.

Pesisir Selatan, sebut Andre, hampir dipastikan akan mengusung wakil Bupati saat ini Rusmayul Anwar dengan Rudi Hariansyah. Pasangan ini sangat ideal dari komposisi partai, latar belakang dan juga geografis asal daerah. “Kami rasa ini sudah oke dan segera didaftarkan ke KPU,” kata Andre yang juga akan mengikuti proses pendaftaran jagoan Gerindra ke KPU nantinya.

Kabupaten Agam, sebutnya, Gerindra juga masih memastikan kesiapan mantan anggota DPR Taslim dengan Sekda Agam Martias Wanto. “Bisa saja pasangan ini yang akan dideklarasikan dan kita usung di Pilkada Agam. Namun, saat ini masih dalam diskusi,” katanya.

Calon di Kabupaten Sijunjung, kata Andre, kemungkinan Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy dan dr Mendro diusung ke KPU. Saat ini, DPC Gerindra Sijunjung masih melakukan finalisasi pencalonan. “Keduanya sudah lama berkomunikasi dengan Gerindra, rasanya tinggal deklarasi saja. Kita tunggu saja,” sebut Andre.

Andre menyebut, di Kabupaten Pasaman, masih ada dua pilihan antara Benny Utama-Sabar yang telah diusung Golkar-Demokrat, atau dengan pasangan lainnya. “Kami masih memberikan kesempatan kepada DPC Gerindra Pasaman untuk memastikan. Bisa juga kader Gerindra Bustami yang diapungkan,” katanya.

Sementara itu, sejumlah nama juga sudah lebih dahulu mendapatkan SK DPP Gerindra untuk diusung dalam Pilkada. Seperti H Maryanto-Yulisman di Pasaman Barat (Pasbar) yang diusung koalisi Gerindra dengan PKB atau PBB. Di Bukittinggi, sudah ada nama Erman Safar-Marfendi dengan koalisi Gerindra-PKS.

“Kota Solok kita juga menjagokan Reinier dengan Andi Maran, koalisi Gerindra dan PKPI. Solok Selatan ada Abdul Rahman-Rosman Effendi, koalisi Gerindra-PAN. Untuk Padang Pariaman ada H Refrizal-Happy Neldy, koalisi Gerindra-PKS,” sebut Andre Rosiade.

Andre mengatakan, paca-KLB Gerindra, tim Pilkada akan memastikan SK, agar bisa didaftarkan ke KPU 4 September mendatang. “Tak lama lagi kita selesaikan semua, agar pasangan calon bisa bersiap-siap dan bertarung,” tutupnya. (***)
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved