arrow_upward

Pekerja Tower Tewas Tersengat Listrik, Ini Penjelasan PLN

Senin, 20 Juli 2020 : 18.36
Logo PLN.
Padang, AnalisaKini.id- Menanggapi berita yang sedang viral di masyarakat terkait pekerja BTS tergantung tersengat aliran listrik, PLN menyampaikan klarifikasi.

Menurutnya, kecelakaan umum yang terjadi pada Senin (20/7) di kawasan Lubeg, Padang mengakibatkan timbulnya korban. Seorang pekerja Pemeliharaan Tower DMT (Daya Mitra Telekomunikasi) bernama Arif (23) diduga meninggal dunia akibat tersengat listrik saat bekerja mengganti baterai tower BTS tersebut pada pukul 12:00 WIB.

"Kami turut berbelasungkawa atas kejadian meninggalnya Saudara Arif. Semoga amal ibadah beliau diterima Tuhan YME dan keluarga diberikan kekuatan serta ketabahan," kata Manager Komunikasi PLN UIW Sumbar Afriman.

Pihaknya juga menyampaikan, Tim PLN langsung meninjau ke lapangan begitu mendengar hal tersebut sekaligus mengecek kebenaran informasi. Menurut informasi yang diperoleh di lapangan korban yang sedang melakukan penggantian baterai tower tanpa sengaja menyentuh kabel  SUTM milik PLN sehingga mengakibatkan korban tersengat arus listrik.

"Tersentuhnya kabel SUTM tersebut juga telah mengakibatkan trip (gangguan) listrik,” ungkap Afriman.

Afriman menambahkan dari peninjauan tersebut diperoleh beberapa fakta. Hasil penelusuran ditemukan, aliran listrik tersebut berawal dari korban yang tanpa sengaja menyentuh kabel SUTM PLN.

Selain itu kondisi kabel milik PLN di lokasi kejadian dan sekitarnya dalam keadaan baik. Namun demikian PLN tetap mengambil beberapa langkah untuk melokalisir TKP guna memastikan keamanan dan keselamatan orang-orang di sekitar lokasi.

PLN mendapatkan informasi kejadian melalui laporan yang diterima Contact Center 123 oleh pelapor bernama Yanti pada pukul 12:25 WIB yang meminta pemadaman aliran listrik karena ada korban tersengat arus.

Pukul 12.30 petugas PLN segera meminta pemadaman emergency ke UP2D Sumbar, lalu pada 12:33 WIB penyulang sudah dalam kondisi padam untuk menurunkan korban. Setelah korban berhasil dievakuasi PLN melakukan penormalan kembali agar listrik kembali menyala.

Menurut informasi yang diterima petugas PLN di lapangan, korban tergantung di atas tower dalam keadaan sudah meninggal dunia tanpa mengenakan APD sesuai dengan SOP yang berlaku. Saat proses evakuasi korban tengah dilakukan setelah sebelumnya PLN memastikan arus  di sekitar TKP sudah dalam kondisi mati.(rel/***)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved