arrow_upward

Pandemi Covid-19, Politisi Demokrat Suwirpen Bantu 1.180 Pelaku UMKM

Monday, 20 July 2020 : 12:54
Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen bersama pelaku UMKM usai memberikan bantuan melalui program WRSE. (humas)
Padang, AnalisaKini.id-Politisi Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Suwirpen Suib menyerahkan bantuan untuk 1.180 masyarakat Padang, melalui program wanita rawan sosial ekonomi (WRSE). Dengan bantuan tersebut, diharapkan bisa menjadi modal awal untuk menjadi pengusaha.

“Bantuan ini disalurkan pada waktu yang tepat, mengingat pemerintah tengah berjuang memulihkan ekonomi masyarakat usai Pandemi Covid-19 menerpa,” katanya saat memberikan sambutan pada acara itu, Sabtu (18/7/2020).

Dia mengatakan distribusi bantuan WRSE merupakan  bagian dari anggaran pokok pikiran yang dikeluarkan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Bantuan tersebut, senilai Rp3 juta yang terdiri dari sejumlah bahan pokok, peralatan penunjang perniagaan seperti etalase, blender hingga kompor gas.

Total dana pokok pikiran yang disalurkan senilai Rp4 miliar dari APBD 2020, merata pada seluruh kecamatan di Padang. Tidak hanya itu, di kota dan kabupaten Solok juga disalurkan.

Dia berharap bantuan mesti dikembangkan, jangan dijual. Usai masa pandemi sektor ekonomi, khususnya UMKM harus kembali menggeliat.

“Bantuan ini, mayoritas diberikan kepada ibu-ibu yang kurang mampu, di sisi lain juga memiliki usaha, pada masa pandemi usaha mereka terdampak,” katanya.

Dia berharap usaha mereka bisa terus berkembang ke depan, bagi  yang belum memiliki usaha bisa memulai dari sekarang. Paket usaha yang menjadi sasaran bantuan WRSE adalah penjual gorengan, untuk usaha ini dibantu kompor gas hingga bahan baku.

Pedagang minuman, dibantu kulkas dan barang lainya.  Pedagang menjual barang harian, yang ditambah modal senilai Rp3 juta.

Pada kesempatan tersebut, Suwirpen membagikan beberapa tips dalam menjalankan usaha di antaranya, harus menjunjung tinggi kejujuran dan harus menjaga semangat usaha.

“Selain politisi, saya berlatar belakang sebagai pengusaha, untuk itu, penerima bantuan harus memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki untuk berkembang,” katanya.

Dia juga menegaskan, keberpihakan kepada pelaku UMKM di Sumbar, menjadi penekanan Partai Demokrat agar dibantu pasca pandemi Covid-19.

Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Ir. H. Mulyadi, kata Suwirpen, mewanti-wanti kadernya terutama yang mendapat amanah sebagai anggota DPRD provisi dan kabupaten/kota se-Sumbar untuk terus berjuang dalam mengalokasikan anggaran untuk kepentingan rakyat banyak. "Bantuan untuk UMKM ini adalah salah satu contohnya," sebut Suwirpen.

Sementara itu salah satu pejabat struktural Dinas Sosial Provinsi Sumbar Esti mengatakan terlaksananya bantuan WRSE, merupakan pelaksanaan harmonisasi dari pihak dewan. Untuk kali ini, Wakil Ketua DPRD Sumbar meletakan dana pokok pikirannya kepada Dinas Sosial untuk membantu ribuan masyarakat Padang.

“Dengan bantuan ini diharapkan bisa meringan beban masyarakat yang terdampak oleh Pandemi Covid-19,” katanya.

Batuan senilai Rp3 juta, katanya, dikerjakan oleh pihak ketiga, dan mengikuti aturan yang berlaku agar usai penyaluran tidak ada persoalan hukum. Dia meminta agar bantuan WRSE menjadi program prioritas dewan, karena dibutuhkan oleh masyarakat. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved