arrow_upward

Nasrul Abit : Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Aktivitas Peternakan Perlu Ditata Khusus

Selasa, 21 Juli 2020 : 23.28

Wagub Sumbar Nasrul Abit saat mengunjungi peternakan ayam di Guguak, Limapuluh Kota. (humas). 
Payakumbuh, AnalisaKini.id - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit meninjau lokasi Peternak Ayam Edvam yang dikelola Jhon Edi di Jorong Gelugus Kenagarian Sungai Talang, Kecamatan Guguak, Limapuluh Kota, Selasa (21/7/2020).

Nasrul Abit mengungkapkan Jhon Edi mempunyai 100 ribu ekor ayam, 90 persen menghasilkan telur. Ini adalah suatu potensi yang luar biasa karena Limapuluh Kota sekarang ada 6 juta ayam diperkirakan uangnya berputar di sektor peternakan tersebut adalah Rp30 miliar.

"Untuk itu tentu kita perlu menunjang dari pada sarana infrastruktur karena jalan-jalan yang mengarah ke sini jelek. Ini yang pertama perlu diperhatikan, karena mereka pengusaha pribumi asli di Nagari Sungai Talang yang perlu jadi perhatian bersama," ujar Nasrul Abit.

Nasrul mengatakan hal itu  perlu tata ruang tersendiri karena lokasi ini sudah jauh dari kampung perumahan penduduk dan dikhawatirkan sewaktu-waktu masyarakat kekurangan lahan sehingga mendesak ke sini.

Jadi untuk keamanan dan kesehatan masyarakat juga perlu ditata ruang khusus terutama di  Limapuluh Kota  agar dapat berkembang dengan cara dibuat tata ruang tersendiri.

"Dan secara ekonomi ini sangat menguntungkan peternak karena ada perputaran uang sehingga tentu akan ada multiefek kepada masyarakat," katanya.

Peternakan ayam ini potensi yang perlu digarap adalah penanaman jagung karena lahan-lahan tidur sekarang harus dimanfaatkan untuk menanam jagung, karena kebutuhan jagung akan pakan ternak saja 450 ton perhari di daerah ini.

"Untuk itu semua lahan-lahan tidur yang ada di Sumbar ini segera kita bangkit dan kita pulihkan ekonominya dalam pasca Covid-19 ini. Dengan cara menanam jagung karena kebutuhan jagung luar biasa, sebagai pakan ternak dan kebutuhan lainnya yang bisa dimanfaatkan," ajaknya.

Nasrul Abit mengingatkan masyarakat juga bisa memanfatkan lahan kosong untuk menanam jagung untuk pakan ternak ayam petelur, karena bisnis peternak ayam layer atau petelur yang dinilai memiliki prospek bagus.

Beternak ayam petelur memiliki beberapa keunggulan dibandingkan ayam pedaging, yaitu dalam hal memberikan pendapatan yang lebih stabil dan masa produktif yang lebih lama. Ayam petelur cenderung memberikan pendapatan yang lebih stabil karena telur bisa dihasilkan setiap hari. (***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved