arrow_upward

Mahyeldi Terima Penghargaan Kinerja Koperasi Terbaik Kategori Kota 2020

Wednesday, 22 July 2020 : 17:47
Walikota Padang Mahyeldi terima penghargaan koperasi yang diserahkan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. (humas)
Padang, AnalisaKini.id - Berkat kesuksesan dalam mengelola Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Padang sejauh ini, Kota Padang diganjar sebuah penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar).

Walikota Mahyeldi menerima penghargaan "Daerah Dengan Kinerja Koperasi Terbaik Kategori Kota 2020" itu dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di aula Kantor Gubernur, Rabu (22/7/2020).

Penghargaan ini pun diberikan dalam rangka peringatan Hari Koperasi Nasional ke 73 Tahun 2020 yang jatuh pada 12 Juli 2020. Hadir mendampingi Walikota Mahyeldi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Syuhandra, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.

Mahyeldi usai menerima penghargaan mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang dan masyarakat Kota Padang mengaku bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Sumbar atas penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini akan kita jadikan sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan bidang koperasi dan UMKM di Padang ke depan," ucapnya kepada wartawan. 

Ia menambahkan, koperasi memang menjadi pilar ekonomi sekaligus menjadi wadah untuk membangun usaha secara bersama-sama dalam mewujudkan ekonomi rakyat yang lebih sejahtera khususnya di Padang.

Sebagaimana pengembangan produk unggulan dan potensi UMKM memang harus disinergikan dengan koperasi. "Untuk pembinaan UMKM, memang harus bersinergi dengan koperasi untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dan individual anggota koperasi itu sendiri," ujarnya.

Lebih lanjut atas nama Pemerintah Kota Padang Mahyeldi ikut mengucapakan selamat Hari Koperasi ke 73 Tahun 2020. Ia berharap gerakan koperasi di Indonesia, Sumbar dan khususnya Kota Padang akan semakin berkembang lagi guna mewujudkan ekonomi rakyat yang sejahtera.

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang membacakan pidato Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mengatakan, ada sejumlah inisiatif yang sedang dilakukan untuk penguatan dan modernisasi koperasi di Indonesia saat ini.

Pertama, yaitu melakukan perbaikan ekosistem kemudahan usaha yang memungkinkan koperasi bisa mengakses pasar yang lebih luas, pembiayaan serta mengembangkan kapasitas usaha seluas-luasnya.

"Koperasi harus masuk ke sektor-sektor ekonomi unggulan nasional yaitu pangan, komoditi, maritim, pariwisata dan industri pengolahan. Begitu juga koperasi harus masuk pada sektor ekonomi kreatif, di mana anak-anak muda saat ini banyak terlibat dalam sektor tersebut," ulas gubernur.

Kedua kata Irwan, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sedang menyusun strategi nasional UMKM dan koperasi. Instrumen kebijakan yang nantinya dapat mewadahi kerja kolaboratif seluruh pemangku kebijakan.

Ketiga, turbulensi ekonomi masa pandemi Covid-19 memberikan pelajaran berharga bahwa koperasi sektor keuangan atau simpan pinjam sangat rentan dan mudah terkontraksi oleh eskalasi tersebut. Oleh karenanya perlu disiapkan sistem pengawas dan penjamin simpanan di koperasi agar bisa memberikan rasa aman bagi mereka  yang menaruh simpanan atau investasi di koperasi. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved