arrow_upward

Ini 5 Menteri Diyakini tak Kena Reshuffle

Sabtu, 04 Juli 2020 : 19.44
Ujang Komarudin.
Jakarta, AnalisaKini.id- Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin berpandangan, terdapat setidaknya lima (5) nama menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang masih aman dan tak tersentuh reshuffle atau perombakan oleh Presiden Joko Widodo.

Ujang menyebut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di urutan pertama sebagai menteri teraman.

Alasannya, Luhut punya kedekatan khusus dengan Jokowi. Selain itu, Ujang menambahkan bahwa Luhut merupakan politisi partai pengusung Jokowi di Pilpres 2019.

"Luhut aman karena back up NasDem dan Golkar. Apalagi Luhut cs nya Jokowi," kata Ujang, dilansir dari Tagar, Sabtu (4/7).

Untuk nama kedua, Ujang memprediksi Direktur Indonesia Political Review (IPR) sekaligus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini, Siti Nurbaya Bakar tak masuk dalam wacana bongkar pasang menteri.

Ujang menjelaskan lima nama menteri kesayangan Jokowi adalah menteri yang menjabat selama dua periode.

Ketiga, Menteri Keuangan Sri Mulyani. Meski berasal dari kalangan profesional alias non-partai, menurut Ujang, Sri Mulyani bakal dipertahankan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menyusul di nama keempat, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dan nama kelima, adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil.

Mantan Staf Khusus Ketua DPR ini menilai Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono adalah menteri yang paling disayang Jokowi. Sofyan Djalil ada back up luar juga. (***)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved