arrow_upward

Hidup di Era Pandemi Covid-19, Silakan Berdampingan, tapi Jangan Bersentuhan

Monday, 20 July 2020 : 19:45
Prof. Ganefri. (ist)
Padang, AnalisaKini.id- Hingga kini pandemi Covid-19 masih terjadi di negeri ini dan kapan berakhirnya belum bisa dipastikan. Apalagi vaksinnya belum ditemukan. Karena itu tidak ada pilihan lain, hidup berdampingan dengan Covid-19, tapi jangan bersentuhan.

"Itu pilihan terbaik saat ini. Hidup berdampingan dengan Covid-19 harus diikuti di era New Normal," kata Rektor UNP Prof Ganefri, Senin (20/7/2020) di Padang.

Ganefri menyebutkan, sejak mulai mewabah di Indonesia, termasuk Sumbar berbagai kebijakan dikeluarkan. Salah satunya, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk membatasi penyebaran virus tersebut.

Dalam perjalanan, kasus positif Covid-19 bertambah terus. Sedangkan dengan kebijakan PSBB di beberapa provinsi dan kabupaten/kota memberikan dampak negatif kepada sektor perekonomian.

Akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan New Normal yang pada intinya, kegiatan perekonomian digairahkan kembali seperti perkantoran, perhotelan, restoran, pariwisata dan lainnya.

"Namun wajib menerapkan protokol kesehatan seperti pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan di manapun berada," kata Ganefri.

Dengan kebijakan baru tersebut, pergerakan ekonomi mulai pulih kembali dan secara umum juga akan memulihkan perekonomian negara dan daerah, termasuk masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan dimaksud sebut Ganefri berarti berupaya jangan bersentuhan dengan Covid-19 termasuk media penyebaran. "Jadi hidup berdampingan dengan Covid-19 harus ditempuh, tapi jangan bersentuhan," katanya.

Menyangkut penanganan Covid-19, Ganefri menyebut secara nasional sudah cukup baik dan khusus Sumbar, tergolong baik dan Ganefri menilai wajar jika Gubernur Sumbar diapresiasi Presiden Joko Widodo.

"Pemerintah provinsi serius melakukan upaya penanganan dengan melibatkan semua stakeholder, termasuk kalangan perguruan tinggi. Kami dari UNP juga terlibat aktif dan terpanggil dalam misi penanganan Covid-19. Ya, semua terlibatlah. Ini kelebihan Sumbar,"terangnya. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved