arrow_upward

OJK : Kookmin Bank Sudah Setor Rp2,8 Triliun

Monday, 15 June 2020 : 12:57
Kookmin Bank. (ist).
Jakarta, AnalisaKini.id- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Kookmin Bank asal Korea Selatan telah menyetorkan dana  US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,8 triliun (Rp 14.000) untuk membantu likuiditas sekaligus penguatan permodalan PT Bank Bukopin Tbk (BBKP).

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik OJK, Anto Prabowo menanggapi rumor yang beredar di sejumlah media yang menyatakan Kookmin Bank Gagal Mengatasi Masalah Likuiditas Bukopin.

"Kookmin Bank sudah merealisasikan komitmennya dengan penyetoran dana ke Bank Bukopin  11 Juni 2020, sehingga kembali menegaskan berita tersebut tidak benar," ujarnya Senin (15/6/2020) seperti dikutip dari cnbcindonesia.com.

Anto menjelaskan  pada  10 Juni 2020, OJK mengirimkan surat kepada seluruh pemegang saham Bukopin, termasuk kepada Kookmin, untuk melaksanakan komitmen dan/atau kesanggupan dalam rangka memenuhi kebutuhan likuiditas dan permodalan Bank Bukopin.

"Jika pemegang saham tidak dapat memenuhi komitmennya maka kelak atas investor yang akan masuk, pemegang saham tidak dapat menghalangi investor tersebut untuk memperbaiki kondisi Bank Bukopin," ujar Anto.

Atas surat dimaksud, tutur Anto, Kookmin Bank merespons dengan cepat dan menempatkan dana  US$ 200 juta yang selanjutnya Bank Bukopin segera menyelenggarakan RUPS dan RUPS LB mengenai penetapan Kookmin Bank menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas Bank Bukopin diatas 51%.

"Hal ini merupakan komitmen merealisasikan penguatan permodalan dan likuiditas yang dibutuhkan Bank Bukopin serta menciptakan peluang bisnis-bisnis baru ke Indonesia sehingga masyarakat diharapkan tidak terpengaruh dengan berita yang memuat surat  10 juni 2020 yang sudah tidak sesuai dengan kondisi terakhir," ujar Anto.

OJK, sebutnya, mendukung Kookmin Bank sebagai investor dan memantau pelaksanaan RUPS dan RUPS LB masuknya Kookmin Bank yang akan menjadi Pemegang Saham Pengendali Mayoritas Bank Bukopin. (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved