arrow_upward

Doni Monardo: 40 Daerah yang Gelar Pilkada, Berisiko Tinggi

Thursday, 11 June 2020 : 19:41
Doni Monardo. (ist)
Jakarta, AnalisaKini.id- Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menghadiri rapat bersama Komisi II DPR terkait Pilkada 2020. Dalam paparannya, Doni mengatakan Pilkada di 270 daerah boleh digelar dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan covid-19.

"Gugus Tugas telah rekomendasikan penyelenggaraan pilkada, namun dengan catatan khusus yaitu harus menaati protokol kesehatan. Semua kegiatan yang dilakukan harus berdasarkan kajian yang dimulai dengan pra kondisi untuk seluruh daerah yang terlibat, baik petugas lapangan maupun masyarakat, hingga paling tidak tingkat RT-RW," ucap Doni Monardo, Kamis (11/6/2020).

Doni meminta penyelenggara pemilu memahami zona penyebaran corona, apalagi masih ada 40 daerah atau kabupaten/kota yang berisiko tinggi covid-19.

"Daerah yang akan ikuti pilkada 2020 untuk kabupaten/kota sebanyak 261 kabupaten kota, 43 tidak terdampak, 72 risiko ringan, 99 sedang, dan 40 risiko tinggi. Untuk provinsi ada terdapat 9 (yang Pilkada)," ujarnya seperti dikutip dari merdeka.com.

Doni menyebut data itu akan terus berkembang sehingga KPU, Bawaslu harus terus bisa mengikuti perkembangan zona penyebaran covid-19. Bisa jadi yang merah pada akhir atau jelang pilkada jadi berwarna kuning misalnya, tapi juga sebaliknya yang kuning bisa jadi oranye atau jadi merah.

Doni mengingatkan larangan adanya kegiatan atau pertemuan dalam jumlah besar saat Pilkada nanti. Selain itu, kelengkapan APD petugas lapangan juga menjadi kewajiban.

"Adanya pilkada serentak dan melibatkan banyak pihak, maka APD dan pendukung lainnya harus disiapkan lebih banyak lagi," tandas Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved