arrow_upward

Di Sumbar, Ada 20 Kepala Daerah yang Berpotensi Maju Lagi di Pilkada 2020, Siapa Saja?

Wednesday, 10 June 2020 : 16:13
Iqbal Rama Dipayana. (ist)
Padang, AnalisaKini.id-Meski masih pandemi Covid-19, Pilkada 2020 di 270 daerah akan tetap digelar pada Desember mendatang,  Setidaknya ada 451 kepala daerah yang bisa maju di Pilkada 2020 sebagai calon petahana. Di Sumbar sendiri ada 21 kepala daerah untuk Pilkada provinsi dan 13 kabupaten/kota.

Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumatera Barat, Iqbal Rama Dipayana, Rabu (10/6/2020) mengungkapkan, Pilkada 2020 di Sumbar dilaksanakan untuk 14 daerah, meliputi satu untuk provinsi (Pilgub) dan 13 kabupaten/kota.

"Dari 19 kabupaten/kota di Sumbar, 13 di antaranya yang akan menggelar Pilkada serentak, yaitu Pesisir Selatan, Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Dharmasraya, Sijunjung, Tanah Datar, Padang Pariaman, Agam, Bukittinggi, Limapuluh Kota, Pasaman dan Pasaman Barat," terangnya.

Dari semua petahana yang menjabat saat ini, berdasarkan UU nomor 9 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah, maka ada sejumlah petahana tidak boleh maju lagi, karena sudah menjabat dua periode sebagai kepala daerah di daerah yang sama.

Mereka adalah Irwan Prayitno yang sudah dua periode menjadi gubernur Sumbar sehingga Pilkada 2020 tidak boleh maju lagi untuk Pilgub Sumbar. Lalu Gusmal, juga sudah dua periode menjadi Bupati Solok. Meski ada jeda, tapi tidak boleh maju lagi di Kabupaten Solok sebagai Cabup.

"Begitu juga Indra Catri, dua periode menjadi Bupati Agam dan tidak bisa maju di Agam sebagai Cabup. Yuswir Arifin di Kabupaten Sijunjung, Yusuf Lubis di Pasaman dan Ali Mukhni di Padang Pariaman,"terang Iqbal.

Namun demikian, para petahana di kabupaten/kota, meski tidak dibolehkan maju di kabupaten/kota masing-masing, menurut Undang-undang Pemerintahan Daerah untuk Pilgub, mereka dibolehkan maju.

Lantas 20 petahana yang berpotensi maju kembali di Pilkada 2020 siapa saja? "Di luar nama-nama disebutkan di atas. Petahana boleh maju pada Pilkada 2020," katanya.

Inilah 20 kepala daerah dimaksud :
1. Nasrul Abit (Wagub Sumatera Barat)

2. Hendrajoni (Bupati Pesisir Selatan)
3. Rusma Yul Anwar (Wabup Pesisir Selatan)
4. Abdul Rahman (Wabup Solok Selatan)
5. Yulfadri Nurdin (Wabup Solok)
6. Zul Elfian (Walikota Solok)
7. Reinier (Wawako Solok)
8. Sutan Riska (Bupati Dharmasraya)
9. Amrizal (Wabup Dharmasraya)
10. Arrival Boy (Wabup Sijunjung)
11. Irdinansyah Tarmizi (Bupati Tanah Datar)
12. Zuldafri Darma (Wabup Tanah Datar)
13. Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota)
14. Ferizal Ridwan (Wabup Limapuluh Kota)
15. Atos Pratama (Wabup Pasaman)
16. Yulianto (Bupati Pasaman Barat)
17. Trinda Farhan Satria (Wabup Agam)
18. Ramlan Nurmatias (Walikota Bukittinggi)
19. Irwandi (Wawako Bukittinggi)
20. Suhatri Bur (Wabup Padang Pariaman). (***)


Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Analisa Terkini - All Rights Reserved