arrow_upward

Besok, Pendaftaran Masuk SMP di Padang Mulai Dibuka, Ini Syaratnya

Monday, 1 June 2020 : 16:53

Habibul Fuadi

Padang, AnalisaKini.id-Dinas Pendidikan Kota Padang, besok, Selasa (2/6/2020) mulai  membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP untuk tahun pelajaran 2020/2021.

Kepala Dinas Pendidikan Padang, Habibul Fuadi menyebutkan PPDB tahun ini melalui tiga jalur, yaitu jalur prestasi non akademik, jalur pendidikan inklusif dan jalur online.

"Untuk jalur prestasi non akademik, pendaftaran atau pengambilan formulir dimulai besok (Selasa, 2/6) hingga 6 Juni. Kemudian seleksi pada 8-9 Juni, pengumuman 12 Juni dan pendaftaran ulang ke sekolah 15-16 Juni," kata Habibul Fuadi, Senin (1/6/2020).

Habibul mengatakan, jalur PPDB untuk masuk SMP negeri yang dilaksanakan berdasarkan prestasi yang dimiliki peserta didik di bidang olimpiade sain nasional, olimpiade olahraga siswa nasional atau kejuaraan olahraga nasional, festival dan lomba seni siswa nasional.

Lalu lomba penelitian ilmiah remaja dengan memperoleh paling  rendah juara satu tingkat Kota  adang dan untuk prestasi MTQ paling rendah juara tiga tingkat Kota Padang serta juara tiga tingkat provinsi untuk siswa luar daerah yang terdiri dari lomba kesiswaan di lingkunga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meliputi olimpiade sain nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Lomba Cipta Seni Pelajar Nasional LCSPN), Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) dan Internasional Mathematics and Sient Olympiade (IMSO).

Selanjutnya lomba kesiswaan di lingkungan Kementerian Agama seperti Ajang Kompetisi Seni Olahraga Madrasah (Aksioma), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Pekan Olahraga Seni Diniah (Posadin) dan Pentas PAIS.

Lalu, lomba/kejuaraan di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga seperti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Sea Games.

Berikutnya, lomba/seleksi/kejuaraan di lingkungan pemerintah daerah/provinsi/pusat yaitu Musabaqah Tilawatil Quran dan Tahfizh Alquran.

Persyaratan administrasi yang diserahkan pada waktu pengembalia formulir adalah dokumen asli dan fotokopi yang dilegalisir oleh kepala sekolah berupa, akte kelahiran, fotokopi nilai rapor kelas IV, V dan VI (5 semester terakhir), sertifikat/piagam yang dimiliki atau medali pemenang (harus disertai piagam penghargaan/sertifikat/SK pemenang). Bahan pendaftaran dan kelengkapan administrasi diserahkan oleh sekolah ke Dinas Pendidikan cq Seksi Kesiswaan bidang Pendidikan Dasar.

Sedangkan untuk jalur prestasi bidang keagamaan kategori tahfizh Alquran bagi calon siswa baru SMP Padang 2020, Dinas Pendidikan Padang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Alquran (STAI-PIQ) Sumbar akan melaksanakan seleksi tahfizh Alquran kategori 3 juz untuk masuk SMP.

Habibul menyebutkan, penetapan peserta didik jalur prestasi di SMP ditetapkan dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang dengan mempertimbangkan tempat tinggal dan bidang prestasi yang dimiliki peserta didik. Bagi yang diterima, tidak dapat lagi mengikuti PPDB jalur online. (***)
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved