arrow_upward

Ada 451 Kepala Daerah yang Berpotensi Maju Lagi di Pilkada 2020

Tuesday, 9 June 2020 : 23:20
Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik
Jakarta, AnalisaKini.id-
Pilkada 2020 di 270 daerah akan tetap digelar pada Desember mendatang, meski masih di tengah pandemi Covid-19. Setidaknya ada 451 kepala daerah yang bisa maju di Pilkada 2020 sebagai calon petahana.

"Untuk Pilkada 2020, setidaknya ada 7 gubernur, 9 wakil gubernur, 174 bupati, 203 wakil bupati, 26 wali kota, dan 32 wakil wali kota yang punya potensi maju dua kali. Jadi ada 451 kepala daerah," kata Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik dalam webinar yang digelar JPPR, Selasa (9/6).

Menurut Akmal, seperti dikutip dari kumparan.com, Pilkada 2020 bisa menjadi momen bagi incumbent untuk unjuk gigi ke masyarakat. Sebab, ia menilai, ini adalah saat yang tepat bagi kepala daerah yang ingin maju lagi untuk menunjukkan jika ia merupakan calon yang baik.

"Pilkada ini adalah momentum bagi seluruh kepala daerah yang ingin maju lagi dan ingin tunjukkan ke masyarakat bahwa dia adalah calon yang terbaik untuk membantu dan menang melawan Covid-19 ini," ucapnya.

Selain itu, kata Akmal, pihaknya juga masih belajar dari negara-negara lain yang menggelar pemilu tahun ini. Aqmal menyebut, Indonesia bisa mengambil pelajaran dari kesuksesan Korea Selatan dan juga 'kegagalan' pemilu di Prancis.

"Kita bisa belajar dari tidak sempurnanya pemilu di Prancis yang agak memicu peningkatan jumlah (kasus Covid-19). Tapi ini adalah hikmah bagi kita, ini adalah kesempatan kita untuk belajar. Mari lakukan demokrasi dengan baik," tuturnya.

Hingga saat ini, Akmal menegaskan, pemerintah memang tidak memiliki wewenang terkait penyelenggaraan pemilu. Namun, ia menyebut, pihaknya akan tetap memberikan dukungan agar KPU, Bawaslu, dan DKPP bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan aman.

"Bisa menghasilkan pemimpin yang legitimasi dan bisa membawa masyarakat melawan Covid-19," sebut Akmal. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved