arrow_upward

Padang, Daerah Tujuan Mudik Tertinggi di Indonesia

Saturday, 23 May 2020 : 12:42

AnalisisKini.id - Fenomena masal yang biasanya dilakukan jelang Hari Raya dan liburan panjang adalah mudik. Bagi masyarakat Indonesia, mudik tak sekadar pulang kampung melainkan melepas kerinduan sekaligus beban yang dirasakan selama merantau.

Dari sekian banyak daerah yang ada di Indonesia, sejumlah kota besar ini disinyalir menjadi tujuan mudik tertinggi setiap tahunnya.

Berikut ini deretan kota yang mendapat antusias tinggi saat mudik lebaran yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020) seperti dikutip dari indozone.id.

1. Padang

Kota yang paling populer di Sumatera Barat ini menjadi salah satu tujuan mudik tertinggi di Indonesia. 'Pulang Basamo' menjadi sebuah tradisi orang Minang yang rindu kampung halaman. Tradisi ini memiliki filosofi mendalam yakni mempererat jalinan silaturahmi sesama perantau.

Setiap tahunnya ada tema unik yang digunakan dalam tradisi Pulang Basamo. Misalnya, Pulang Basamo Rumah Gadang. Serunya lagi, para perantau akan melakukan konvoi bersama perantau lainnya dengan tujuan yang sama.

2. Yogyakarta

Tak hanya menjadi tujuan favorit para pelancong, Yogyakarta selalu menawarkan kerinduan bagi para perantau. Yogyakarta merupakan kota besar di Jawa Tengah yang memiliki jumlah perantau terbanyak.

Yogyakarta juga menjadi kota singgah bagi masyarakat yang ingin mudik ke wilayah sekitar, seperti Sleman, Magelang, dan Bantul.

3. Medan

Isilah 'Pantang Pulang' sangat melekat pada perantau asal Medan, Sumatera Utara. Kebanyakan masyarakat Medan yang merantau didominasi oleh pemuda dan pemudi. Usia yang relatif muda membuat orang Medan ogah pulang sebelum mendapatkan hasil.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak orang yang telah mematahkan istilah tersebut. Ini dibuktikan dengan semakin tingginya jumlah perantau yang kembali ke kampung halaman saat lebaran.

4. Solo

Daerah asal Presiden Joko Widodo ini menjadi salah satu kota tujuan mudik yang diminati masyarakat saat lebaran. Letak strategis Solo kerap menjadikannya sebagai kota penghubung antar daerah-daerah di sekitarnya. Diantaranya Boyolali, Wonogiri, Klaten dan Kebumen.

Sebagian besar pemudik memilih jalur kereta Tujuan Solo dan melanjutkan perjalanan ke kota yang dituju.

5. Makassar

Momen berharga satu kali dalam setahun ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat Makassar. Hampir setiap tahun Pelabuhan Sukarno-Hatta, Makasar dipenuhi para pemudik dari seluruh wilayah di Indonesia. Makasar juga menjadi jalur penghubung sejumlah wilayah Indonesia Timur seperti Bima, Ambon, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Kota Daeng ini memang memiliki magnet bagi para perantau untuk memperbaiki kualitas hidup. Setelah berjuang di kota besar, berlebaran bersama keluarga menjadi balasan yang setimpal
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved