arrow_upward

Menteri PUPR : Lima PSN Destinasi Wisata Tidak Dibatalkan, Tapi Dihemat Rp44 Triliun

Saturday, 30 May 2020 : 23:17
Basuki Hadimuljono

Jakarta, AnalisaKini.id-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebutkan 5 Proyek Strategis Nasional (PSN) destinasi super prioritas wisata tidak dibatalkan. Hanya dilakukan penghematan sebesar Rp44 triliun.

Kelima proyek super prioritas PSN tersebut yaitu di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan  Likupang di Sulawesi Utara.

“Meski dihemat Rp44 triliun dari DIPA Rp120 triliun tahun ini, tidak ada kegiatan yang dibatalkan. Nilai Rp44 triliun yang ditunda itu akan menjadi prioritas tahun 2021 yang sudah dialokasikan anggaran Menteri Keuangan,” ujar Menteri PUPR saat memberikan keterangan usai Rapat Terbatas (Ratas), Jumat (29/5) seperti dikutip dari setkab.go.id.

Menurut Menteri PUPR, tahun ini dialokasikan anggaran Rp6,4 triliun untuk 5 destinasi wisata dan tidak termasuk yang dihemat karena menjadi prioritas dengan harapan setelah pandemi, ini menjadi yang paling cepat bisa rebound.

Dia menambahkan dari Rp6,4 triliun ini, senilai Rp5,1 triliun sudah ditandatangani kontraknya dan sudah ada yang dimulai pekerjaannya, ada yang baru akan mulai pada minggu ini setelah lebaran.

“Contoh misalnya di Danau Toba kegiatannya adalah penataan Pantai Parapat, kemudian penataan kawasan Huta Raja Siallagan di (Pulau) Samosir dan termasuk yang lain-lain,” imbuh Menteri PUPR.

Ini kegiatan yang kawasan, lanjut Basuki, belum termasuk yang perbaikan jalan, pelebaran jalan, gapura, kemudian pasar, dan lain-lainnya.

Di Borobudur itu, tambah Basuki, ada kegiatan jalan akses utama dan gerbang Klangon. Jadi akses ke Borobudur, menurut Menteri PUPR, ada beberapa gerbang dari Sentul yang dari NYIA, Wates Kulonprogo, Jalan Magelang, dan Purworejo.

“Jadi itu ada beberapa gerbang yang akan dibangun untuk menghantarkan para turis menuju ke kawasan Borobudur tersebut. Jadi ada jalan akses utama dan gerbang-gerbang yang sudah di dalam kontrak tahun ini,” kata Menteri PUPR.

Untuk Mandalika, lanjut Basuki tugas Kementerian PUPR, utamanya adalah menyiapkan jalan akses dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika sepanjang sekitar 17 kilometer (km).

“Ini sudah selesai lelangnya 3 paket dan akan segera dimulai pekerjaannya 2020 ini sehingga nanti 2021 sudah akan bisa selesai. Termasuk di sini adalah perbaikan kawasan Pantai Gerupuk di Mandalika,” terangnya.

Disampaikan Menteri PUPR, Labuan Bajo semua kegiatan sudah kontrak, misalnya terusan dari Bukit Waringin, kemudian di Jalan Soekarno-Hatta bawah maupun atas dilebarkan, dan Gua Batu Cermin.

Kemudian di Manado-Bitung-Likupang sudah ada kegiatan diantaranya adalah penataan kawasan Pantai Malalayang di Manado yang biasa dipakai untuk kuliner di Manado. (***)
Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved