arrow_upward

Menakjubkan, Bunga Rafflesia Arnoldi Tumbuh Mekar di Pesisir Selatan

Jumat, 22 Mei 2020 : 20.37
Rafflesia Arnold tumbuh di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. foto: ist
AnalisaKini.id - Pengaman Hutan Berbasis Nagari (PHBN) Sako menemukan salah satu Flora yaitu Rafflesia Arnoldi di wilayahnya Rabu(20/5) kemarin .

Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Alam Kamis (21/5) mengungkapkan wilayah Nagari Sungai Gambir Sako Tapan yang sebagian besar masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sangat kaya akan Sumber Daya Alam(SDA) dan menyimpan berbagai Flora dan Fauna.

"Ketika ada yang melaporkan kalau ada ditemukan bunga bangkai maka saya buktikan sendiri bahwa berita itu benar adanya dengan turun ke lapangan," ujarnya

Bungga Raflesia itu dengan tinggi 16 cm dan lebar  42 cm. Dengan kondisi bunga masih hidup dan warna kemerahan dan sedang mekar. Rencananya ini akan kita jaga agar bisa menjadi potensi alami tersendiri.

"Kami telah mendorong agar warga di sekitar menjaga Bunga Bangkai itu, karena tanaman yang merupakan golongan tumbuhan parasit tersebut bisa menjadi daya tarik wisatawan kedepannya" imbuhnya.

Diketahui  bunga tersebut dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya.Dalam undang-undang itu disebutkan setiap orang dilarang mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian-bagiannya dalam keadaan hidup atau mati.

Selain itu, lanjutnya Bunga Bangkai tersebut juga merupakan salah satu indek nilai penting (INP) bagi kawasan TNKS.
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved