arrow_upward

Gelombang Laut di Padang Sebabkan Abrasi

Wednesday, 27 May 2020 : 12:15
Abrasi pantai di Padang.

Padang, AnalisaKini.id - Pemandangan mengejutkan terjadi di kawasan wisata Pantai Padang, Sumatera Barat pada pagi ini, Rabu (27/5/2020). Gelombang laut menyebabkan abrasi pantai melanda kawasan wisatan tersebut. Tak tanggung-tanggung, kawasan pedagang kini jadi hempasan ombak.

Dari pantuan di lapangan pagi ini, genangan air laut merendam tempat-tempat lapak dagangan yang ada disana. Bahkan sampah-sampah pun berserakan hingga tepi jalan, akibat dari kuatnya hempasan ombak.

Suasana ini pun, menjadi tontonan bagi warga yang melintasi Pantai Padang pada hari ini. Kondisi terparah terlihat di Monumen Merpati Perdamaian, dimana hemparan ombak yang begitu kuat, mengikis tebing-tebing, dan membentuk lorong-lorong arus air laut.

Seperti yang dikatakan oleh warga setempat, Saiful, kondisi ombak yang begitu besar sebenarnya telah terjadi hampir sepekan ini. Namun yang paling parah itu, baru terjadi sejak subuh tadi.

"Di sini yang tinggal pada umumnya ialah pedagang. Akibat kondisi itu lokasi lapak daganganya jadi tempat genangan air laut, serta tumpukan sampah, akibat terbawa arus ombak. Alhamdulillah kami aman," katanya, Rabu (27/5/2020).

Menurut dia, banyak pedagang yang menyelamatkan barang-barang lapak dagangan seperti meja dan kursi serta beberapa tenda. Tujuannya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, apabila kondisi ombak semakin membahayakan situasi.

"Ini adalah kondisi yang terparah. Karena hemparan ombaknya sudah sampai ke jalan, sampah-sampahnya berserakan di tepi jalan jadinya," jelas dia. (***)

Bagikan

Saat ini 0 komentar :

Terbaru

Copyright © 2020 Analisakini.id | Baca Dulu Baru Komentar - All Rights Reserved