arrow_upward

Mahasiswa KKN Tematik UNAND Sosialisasikan Pemahaman Pancasila untuk Murid SD

Sabtu, 03 Februari 2024 : 20.03
Kotobaru, Analisakini.id-
Mahasiswa/i KKN Tematik Universitas Andalas (UNAND) Koto Baru melakukan penyuluhan tentang pengenalan dan pemahaman Pancasila kepada murid SDN 33 Koto Baru, Kab. Solok,  Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (30/1/2024). 
Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi muda yang berkualitas dan memiliki nilai-nilai kebangsaan yang kuat. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki peran sentral dalam membentuk karakter bangsa. Oleh karena itu, penyuluhan Pancasila di sekolah dasar (SD) melalui program KKN merupakan langkah strategis dalam menanamkan nilai-nilai luhur sejak dini.
Mahasiswa/i KKN Tematik UNAND membantu siswa/i dalam meningkatkan pemahaman anak-anak tentang nilai-nilai Pancasila,  mendorong pembentukan karakter yang berlandaskan Pancasila, dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebangsaan sejak usia dini.  
Kegiatan penyuluhan ini ditujukan kepada murid kelas 4 dan 5. Pada pertemuan tersebut, terdapat dua mahasiswa KKN Tematik menjadi pemateri yang menyampaikan materi Pancasila di masing-masing kelas. Tidak hanya membahas mengenai materi Pancasila, tetapi kegiatan ini juga diselingi dengan games yang membantu murid dalam memahami materi yang diajarkan.
Melalui kegiatan ini, diharapkan generasi muda dapat tumbuh dengan pemahaman yang baik tentang nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu, melalui materi Pancasila juga diharapkan murid untuk dapat mempraktikkan di kehidupan sehari-hari tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila itu sendiri. Mahasiswa KKN juga mengapresiasi sekali keaktifan murid SD dalam menerima pengajaran yang telah dilakukan pada saat program ini dijalankan.(Yulia Annisa Putri)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved