arrow_upward

Apresiasi Pelaksanaan Pemilu 2024, Supardi: Pertahankan Suasana Kondusif

Rabu, 14 Februari 2024 : 18.01

 


Ketua DPRD Sumbar bersama keluarga usai mencoblos di TPS 09 Padang Tinggi, Kota Payakumbuh, Rabu (14/02/2024). (ist)

 

PAYAKUMBUH, ANALISAKINI.ID—Euforia pesta demokrasi Pemilu 2024 yang berjalan lancar dan aman di Sumatera Barat, pantas diapresiasi. Ini juga menunjukkan bahwa masyarakat kian menyadari pentingnya pesta lima tahunan tersebut, dengan menyikapi dinamika politik yang dinamis guna mencari pemimpin yang amanah dan berkualitas untuk membawa negeri ini lebih baik lagi.

“Situasi aman dan kondusif ini hendaknya terus berlangsung hinggu penghitungan hasil pemilu usai nantinya,” ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi, usai menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 09 Padang Tinggi, Kota Payakumbuh, Rabu (14/2/2024).

Politisi Gerindra ini mengharapkan situasi kondusif, aman dan tentram ini, kiranya terus dapat dipertahankan oleh seluruh lapisan masyarakat. Katanya, perbedaan dukungan, baik untuk calon presiden dan wakil presiden dan calon anggota legislatif kabupaten/kota, provinsi serta DPR RI, jangan sampai menimbulkan gesekan yang dapat mengganggu keharmonisan dan kerukunan yang sudah tercipta.

Apapun hasilnya, lanjut Supardi, harus tetap saling menghargai. Tetap mengajak seluruh pihak menjaga ketenteraman dan ketertiban.

“Ya, danya pemilihan yang berbeda, itulah demokrasi kita,” katanya.

Untuk itu, masi saling menghargai karena itulah wujud dari keinginan seluruh masyarakat. Namun jika ada indikasi kesalahan atau pelanggaran, hendaknya diselesaikan melalui mekanisme yang berlaku sesuai peraturan perundang-undangan tanpa menimbulkan gesekan yang mengganggu kerukunan masyarakat.

“Nah, ini pulalah yang disebut sebagai kedewasaan berdemokrasi,” terang Supardi.

Seperti diketahui, Pemilu 2024 di Sumatera Barat berlangsung di 17.569 TPS yang tersebar di 1.265 kelurahan/desa/nagari pada 179 kecamatan dalam 19 kabupaten dan kota. Jumlah pemilih adalah sebanyak 4.088.606 orang terdiri dari 2.027.360 pemilih laki-laki dan 2.061.246 pemilih perempuan.

Terdapat sebanyak 50.368 orang dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) terdiri dari 24.356 pemilih perempuan dan 26.012 pemilih laki-laki. Dari paparan KPU, DPTb merupakan pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu tempat yang karena keadaan tertentu tidak dapat menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut dan memberikan suara di TPS lain. (n-r)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved