arrow_upward

Jelang Nataru, Wako Padang Hendri Septa Ajak Warga Ciptakan Suasana Kondusif

Sabtu, 23 Desember 2023 : 21.29
Padang, Analisakini.id- Guna memastikan kondusivitas selama peringatan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemerintah Kota Padang menggelar Rapat Koordinasi. 

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan siap menerima masukan dan arahan agar melahirkan strategi efektif dalam menyambut Nataru.

"Melalui pertemuan ini, pihak Pemko menerima masukan dan saran serta sumbangsih agar terciptanya suasana yang kondusif menjelang Nataru," kata Wako Hendri Septa di Rumah Dinas, Jumat malam (22/12/2023).

Lanjut Wako, pihaknya juga turut mengapresiasi kepada tokoh agama yang sudah mengajak agar mengisi perayaan Natal dan Tahun Baru dengan mengisi hal-hal positif seperti ibadah.

"Sejak Covid-19, Pemko Padang mempunyai agenda yaitu muhasabah ditujukan kepada siswa SD/SMP, tentunya ini menjadi bahan intropeksi bagi diri sendiri," jelasnya.

Wako  Hendri Septa juga menjelaskan semua elemen agar bersatu mengurangi konflik dan kegiatan huru-hara demi mewujudkan suasana yang kondusif.

"Mulai dari Camat, hingga RT/RW yang merupakan mitra harus berkordinasi, perlu bergerak mengamankan situasi kondisi Nataru," harap Wako Hendri Septa.

Kepala Badan Kesbangpol Tarmizi Ismail menyebut dalam membangun sinergi menyambut Nataru, perlu diciptakan suasana kondusif agar Nataru bisa berjalan dengan baik.

"Dalam rangka menjaga kondusifitas menghadapi Nataru, semoga masukan ini menjadi catatan bagi kami dan  bagi OPD  yang menjalankan tupoksi agar berkoordinasi dengan Forkopimda," terang Tarmizi.

Sementara itu, Kapolresta Padang Ferry Harahap mengatakan dalam menyambut momen Nataru akan didirikan 10 Pos Pengamanan (Pospam)  dan dua Pos Pelayanan (Posyan) di beberapa titik di Kota Padang.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan kegiatan di atas jam 12 malam, jauhi kembang api, miras, narkoba. Kepada tokoh agama agar mengedukasi masyarakat supaya tidak berlebihan dalam menyambut Nataru," jelas Ferry.

Rakor menjelang Nataru menjadi bukti nyata komitmen Pemerintah Kota Padang dalam mewujudkan kondusifitas wilayah. 

Adapun beberapa hal yang dibahas dalam Rakor menjelang Nataru diantaranya peningkatan kesiapsiagaan wilayah dalam menghadapi Nataru, antisipasi lonjakan aktivitas dan mobilisasi massa,  kesiapsiagaan bencana,  sekaligus koordinasi lintas sektor untuk mengantisipasi beberapa kemungkinan yang tidak diharapkan. 

Rakor tersebut juga diikuti oleh  unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, Kepala Kakankemenag, Ketua MUI Padang, Camat, tokoh agama, tokoh adat, Ormas serta unsur lainnya. (*)
Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved