arrow_upward

Dirikan Dapur Gratis di Palano, Secangkir Kopi atau Teh Manis untuk Relawan

Selasa, 05 Desember 2023 : 18.13

 

Pasca erupsi Marapi, KSB Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, dirikan posko dapur gratis bagi relawan di jalur evakuasi Batu Palano. (kasnadi.np)  



AGAM, ANALISAKINI.ID--Pasca erupsi Gunung Marapi, Kelompok Siaga Bencana (KSB) Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, mendirikan posko gratis bagi relawan di jalur evakuasi Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua.


Kehadiran posko bertulisan ‘Dapur Kopi dan Teh untuk Relawan’ itu, manfaatnya cukup besar. Apalagi letaknya di jalur evakuasi pasca erupsi  Marapi yang terjadi, Minggu (3/12/2023) lalu, sekitar pukul 14,54 WIB.


Seperti diketahui, letusan kepundan Marapi itu cukup dahsyat. Mengejutkan masyarakat  salingka gunung. Bahkan, dampaknya membawa korban jiwa, yakni sejumlah pendaki yang terjebak saat erupsi. Ada puluhan korban meninggal.


Agus Nardi Tengku,  Koordinator Tanggap Darurat KSB Bukik Batabuah menjelaskan, munculnya inisiatif dari anggota KSB mendirikan dapur gratis kopi dan teh ini dikarenakan di lokasi jalur evakuasi itu tidak ada posko yang melayani relawan. “Makanya kita mendirikan posko ini. Semoga bermanfaat bagi kawan-kawan relawan, walau hanya secangkir kopi dan teh manis,” katanya.


Hal senada dikatakan Romi Pasla, Sekretaris Aksi Peduli Nagari (APN) Bukik Batabuah sekaligus anggota KSB Bukik Batabuah, bahwa proses memasak air dilakukan dengan cara manual. Menggunakan kayu bakar dan anggota KSB hanya memberikan cangkir dan mengisi air. Sementara para relawan mengambil kopi atau teh, sesuai selera.


Namun demikian, katanya, KSB juga menyediakan makanan ringan seperti roti.


Ada 4 anggota KSB di sana, selain Agus Nardi Tengku dan Romi Pasla, juga ada Syahril Ramadhan (Ketua Karang Taruna Kecamatan Canduang) dan Doni. (ksn)

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved