arrow_upward

Ribuan Masyarakat Pasbar Gelar Aksi Peduli Palestina

Minggu, 19 November 2023 : 17.30

 

Ribuan masyarakat Pasaman Barat menggelar aksi peduli Palestina, yang dipusatkan di sekitar Masjid Agung Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua Baru, Kecamatan Pasaman, Sabtu (18/11/2023). (arafat)


PASBAR, ANALISAKINI.ID--Ribuan masyarakat Pasaman Barat yang berdatangan dari berbagai nagari, menggelar aksi peduli Palestina, dipusatkan di halaman Masjid Agung Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua Baru, Kecamatan Pasaman, Sabtu (18/11/2023). Aksi tersebut merupakan bentuk kutukan keras terhadap tindakan Israel, yang begitu keji.

Masyarakat sudah mulai berdatangan di sekitaran Masjid Agung, usai bakda subuh. Ada aksi penggalangan dana, hingga terkumpul Rp 270 juta. Kemudian ada pula aksi long march di sepanjang jalan protokol  jalur 32 dan kembali ke Masjid Agung.

Bupati Pasaman Barat, H. Hamsuardi mengatakan, sikap masyarakat Pasaman Barat, ikut mengutuk keras serangan Israel terhadap warga Palestina di Gaza. Apalagi terus memburuknya situasi di Gaza, terutama situasi kemanusiaan. 

"Kita sangat mengutuk keras tindakan terhadap saudara kita ini. Untuk itu, kita lakukan bersama aksi solidaritas, bentuk dukungan dan kepedulian kita semua terhadap masyarakat Palestina yang telah menjadi korban kebiadaban Israel. Selain dukungan moril kita juga memberikan dukungan berupa do'a," katanya.

"Seseorang di antara kalian tidak beriman jika belum bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua II DPRD Pasbar, H. Daliyus K., dimana kehadiran masyarakat Pasbar pada aksi itu, menandakan niat yang tulus berbagi duka sesama manusia terutama umat muslim. Dirinya atas nama DPRD, sangat mendukung aksi tersebut.

Ia berharap doa yang dipanjatkan masyarakat Pasbar untuk warga Palestina dapat dijabah oleh Allah SWT, sehingga masyarakat Palestina terhindar dari kejahatan perang Israel.

"Kita dengan masyarakat kita di Palestina sana adalah seiman. Sama-sama mencintai Allah. Tadi kita sudah sholat ghaib, mendengar tausiah, serta mengumpulkan dana sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan apa yang kita sumbangkan hari ini bernilai ibadah," katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman Barat, Darmansyah, mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Pasaman Barat terhadap saudara-saudara kita yang berada di Palestina. 

"Sebelum melakukan aksi long march dan penggalangan donasi, kegiatan diawali dengan sholat subuh dan sholat gaib secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian orasi di halaman Masjid Agung Baitul Ilmi," sebutnya.

Ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina itu, sangat mengecam keras atas tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel, hingga menyebabkan ribuan korban berjatuhan mulai usia dewasa hingga anak-anak.

Dalam aksi solidaritas ini, ribuan massa berdatangan dari seluruh kecamatan, bahkan dari beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Pasbar serta para santri Pondok Pesantren, siswa dan lainnya.

Begitu juga dengan  Polres Pasaman Barat, Koramil 02 Simpang Empat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan, yang telah membantu pengawalan dan pengaturan lalu lintas sekitar lokasi, sehingga kegiatan tersebut  berjalan dengan lancar. (arf)

 

 

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved