arrow_upward

HENDRA IRWAN RAHIM:Para Remaja Jangan Terjebak dalam Lingkaran Narkoba

Sabtu, 25 November 2023 : 19.34

Anggota DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim bersama Bupati Tanah Datar Eka Putra dan narasumber lainnya dalam dalam sosialisasi Perda Nomor 9 Tahun 2018.

Tanah Datar, Analisakini.id-Para remaja adalah generasi penerus bangsa. Di tangan merekalah estafet kepemimpinan di republik ini. Oleh karena itu, para remaja harus dihindari dari penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif lainnya yang berbahaya.
"Para remaja jangan terjebak dalam lingkaran narkoba. Jika terjebak alamat diri tidak selamat," kata Anggota DPRD Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM saat sosialisasi Perda nomor 9 tahun 2018 tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, di gedung pertemuan PKK Indojolito, Tanah Datar, Sabtu (25/11/2023).
Politisi Partai Golkar ini mengatakan  masa remaja adalah masa transisi, dimana pada masa masa seperti ini sering terjadi ketidakstabilan baik itu emosi maupun kejiwaan. Pada masa transisi ini juga remaja sedang mencari jati diri sebagai seorang remaja. Namun sering kali dalam pencarian jati diri ini remaja cenderung salah dalam bergaul sehingga banyak melakukan hal yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Seperti perkelahian dan minuman keras, pencurian, perampokan, perusakan/pembakaran, seks bebas bahkan narkoba.
Narkoba, misalnya setiap jenis narkoba masing-masing mempunyai efek samping yang bervariasi, jika terhadap fisik akan menimbulkan gangguan, kerusakan bahkan sampai ke kematian maka secara psikologi akan menimbulkan efek diantaranya kelainan perilaku, halusinasi dan ilusi; menimbulkan dorongan untuk melakukan aktivitas yang sangat berlebihan; gelisah dan tidak bisa diam, perilaku yang menjurus kekerasan, depresi, ketakutan, sulit mengendalikan diri dan masih banyak lagi yang lainnya.
"Efek yang di atas tersebut hanyalah efek langsung yang terjadi pada pecandu narkoba, tetapi efek yang sangat membahayakan adalah efek selanjutnya yang berhubungan dengan lingkungan dan masyarakat lainnya," kata Calon Anggota DPD RI ini.
Kemudian, pecandu narkoba cenderung menjadi orang yang tidak sehat, malas dan tidak produktif, namun demikian karena mereka mempunyai kebutuhan yang tidak dapat ditolak yaitu kebutuhan narkoba, maka jalan pintas yang dilakukan biasanya adalah dengan
Langkah yang paling baik dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba adalah melalui upaya pencegahan yang dilakukan kepada manusia sebagai calon pengguna dan pengadaan narkoba serta pemasarannya.
"Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain melalui pencegahan primer yaitu pencegahan yang dilakukan kepada orang yang belum mengenal narkoba serta komponen masyarakat yang berpotensi dapat mencegah penyalahgunaan narkoba seperti penyuluhan," tambah pria yang selama duduk di DPRD Sumbar dikenal sebagai tokoh yang peduli dengan pengembangan koperasi di Sumbar.
Selanjutnya pencegahan sekunder yang dilakukan kepada orang yang sedang coba-coba menyalahgunakan narkoba serta komponen masyarakat yang berpotensi dapat membantu agar berhenti dari penyalahgunaan narkoba. Dan yang paling berpotensi untuk dapat menghindari penyalahgunaan narkoba adalah dari lingkungan keluarga.
Ikut memberikan sambutan dalam sosialisasi yang dihadiri 75 Walinagari se-Kabupaten Tanah Datar, Ketua BPRN se Kabupaten Tanah Datar ini, Bupati Tanah Datar Eka Putra.
Bahkan Bupati berterima kasih kepada Hendra Irwan Rahim yang turut menyukseskan program pemerintah dalam sosialisai bahaya penyalahgunaan narkoba.
Hadir juga dalam sosialisasi ini Asisten I Setdakab Tanah Datar, jajaran Kesbangpol Sumbar dan pejabat terkait lainnya. Peserta sosialisasi selain dapat snack juga diberikan uang transportasi sebesar Rp150 ribu masing-masingnya. (ef).

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved