arrow_upward

DIGAGAS MUHAYATUL, Datanglah Beramai-ramai Besok, Ada Festival Rakyat di Desa Wisata Sungai Nyalo

Sabtu, 25 November 2023 : 19.54


Painan, Analisakini.id-Datanglah beramai-ramai besok (Minggu, 26/11/2023) ke kawasan wisata Mandeh, Pesisir Selatan, tepatnya Desa Wisata Sungai Nyalo. Soalnya di sana, digelar. Festival Rakyat Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).
Kegiatan yang merupakan hasil pokok pikiran dari  Muhayatul, SE, M.Si selaku Anggota DPRD Sumbar berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Sumbar dan juga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan ini digelar dalam rangka melestarikan kesenian tradisional Minangkabau khususnya yang menjadi ciri khas Pesisir Selatan.
Politisi PAN ini menjelaskan
Festival ini bertujuan sebagai saranan hiburan bagi masyarakat melalui pertunjukan seni tradisional dari anak nagari. Selain itu juga sebagai upaya untuk menggali dan menunjukkan serta juga melestarikan kembali identitas budaya Minangkabau melalui tampilan kesenian tradisional, khususnya yang ada di daerah Kabupaten Pesisir Selatan.
Selain itu juga festival ini turut menghadirkan Guest Star yang sedang hangat hangatnya menjadi sorotan dan mendapat atensi positif dari masyarakat lokal maupun nasional bahkan sudah merambah ke negara tetangga berkat prestasi dan kemampuan luar biasa mereka dalam memainkan alat musik tradisional Minang dengan tetap memadukannya bersamaan selera anak muda zaman sekarang dalam musik pop dan gaya hiphop, mereka adalah Darak Badarak.
Politisi PAN yang sudah banyak berbuat untuk pembangunan baik daerah maupun masyarakat Pessel ini, menambahkan jika tidak dimasifkan sosialisasi termasuk menggelar berbagai acara terkait kesenian tradisional, tidak tertutup kemungkinan, generasi muda ke depan, akan lupa dan kesenian tradisional itu. Padahal kesenian tradisional adalah aset berharga sekaligus bagian dari identitas diri.
Dijelaskan seorang panitia, kegiatan diawali dengan pembukaan dari MC lalu dilanjutkan dengan tampilan tari pasambahan serta kata sambutan dari tamu undangan yang dipilih. Lalu itu dilanjutkan dengan penampilan adat dari anak nagari yang juga nantinya akan diselingi dengan penampilan dari Guest Star yaitu Darak Badarak. Lalu selanjutnya pengundian doorprize dan dilanjutkan dengan penutupan. (**)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved