arrow_upward

Pelantikan Jasman Rizal sebagai Pj. Wako Payakumbuh Ditunda, Ini Sebabnya

Jumat, 22 September 2023 : 11.28
Doni Rahmat Samulo.

Padang, Analisakini.id-Pelantikan Jasman Rizal sebagai Penjabat (Pj). Walikota Payakumbuh ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Tadinya direncanakan dilantik pada 23 September 2023 seiring dengan habisnya masa jabatan Pj. Walikota Payakumbuh sebelummya, Rida Ananda.

Kabiro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmat Samulo yang dikonfirmasikan, Jumat (22/9/2023) membenarkan hal itu. "Ya, benar, kapan dilaksanakan pelantikan, menunggu arahan dari Pak Gubernur terlebih dahulu," sebut Doni.

Doni menyebutkan alasan, penundaan pelantikan itu, lantaran pelantikan Pj. Walikota Sawahlunto Zefnihan dipercepat menjadi Kamis (21/9/2023) malam tadi. Dipercepatnya pelantikan Pj. Walikota Sawahlunto ini terkait dengan kepentingan pembahasan anggaran.

Diungkapkannya, pada 30 September 2023, Kota Sawahlunto harus menetapkan APBD-Perubahan. Pembahasan dengan DPRD Kota Sawahlunto harus dengan kepala daerah definitif atau Pj. Padahal, pihaknya sudah merencanakan pelantikan digabung saja dengan Pj. Walikota Payakumbuh, pada 23 September 2023. 

"Jadi, karena baru kemarin malam dilantik pj. Walikota Sawahlunto,  terpaksa kita scedule ulang rencana pelantikan pj. Walikota Payakumbuh," jelasnya.

Doni juga menjelaskan, kapan dilakukan pelantikan Pj. Walikota Payakumbuh. Yang jelas untuk mengisi kekosongan roda pemerintahan per 23 September 2023, pihaknya sudah menyiapkan plh. Walikota Payakumbuh, yaitu Sekdako Payakumbuh Rida Ananda.

Informasi yang berkembang di rumah bagonjong dan di balaikota Payakumbuh, pelantikan Pj. Walikota Payakumbuh bersamaan dengan pelantikan Pj. Walikota Pariaman dan Pj. Walikota Padang Panjang pada 9 Oktober 2023. Untuk dua daerah ini, siapa yang ditetapkan Mendagri, masih dalam proses. (*)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved