arrow_upward

Mendadak Dipanggil Wapres, Gubernur Sumbar Mahyeldi Batal Lagi Lantik Jasman Rizal sebagai Pj. Wako Payakumbuh

Senin, 25 September 2023 : 21.52

 

Jasman Rizal.

Padang, Analisakini.id-Jasman Rizal, batal lagi dilantik sebagai Pj. Walikota Payakumbuh. Padahal siang tadi sudah direncanakan dilantik pada Selasa (26/9/2023) oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi atas nama Mendagri.

"Ya benar, tadinya sudah discedulkan dilantik besok. Tapi akhirnya ditunda," kata Kabiro Adpim Setdaprov Sumbar Mursalim.

Alasan dibatalkan pelantikan besok, lantaran Gubernur Sumbar Mahyeldi mendadak dipanggil untuk menghadap Wapres RI Ma'ruf Amin ke Istana. 

Untuk keperluan apa? "Dalam rangka pengembangan Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi, "tambah Mursalim.

Dengan dibatalkan rencana pelantikan besok, maka pihak Pemprov kembali akan menscedule ulang jadwal pelantikan Pj. Wako Payakumbuh.

Batalnya pelantikan Jasman Rizal ini adalah untuk kedua kalinya. Pertama, Staf Ahli Gubernur bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan Setdaprov itu yang dikenal jago lobi itu direncanakan dilantik pada 23 September 2023 bersamaan dengan habisnya masa jabatan Pj. Wako Payakumbuh sebelumnya, Ridha Ananda.

Tapi akhirnya batal dan Ridha Ananda sebagai Sekdako Payakumbuh ditunjuk sebagai plh Wako Payakumbuh menjelang pelantikan Pj. Wako Payakumbuh.

Dengan batalnya untuk kedua kalinya Jasman Rizal dilantik sebagai Pj Wako Payakumbuh, berarti ini adalah pertama kalinya terjadi di Sumbar. Mungkin juga di republik ini. Entah kalau saya lupa.

Dan Jasman Rizal, juga tercatat yang pertama kalinya pula, pejabat eselon 2 Pemprov yang di-SK-an Mendagri yang tidak diusulkan Gubernur. Sekadar diketahui, pejabat eselon 2 Pemprov adalah anak buahnya seorang Gubernur. Sekali lagi, entah kalau saya lupa. (*)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved