arrow_upward

Datanglah Beramai-ramai, Festival Anak Nagari Pesisir Selatan Digelar, Ini Rangkaian Acaranya

Jumat, 29 September 2023 : 16.07

Painan, Analisakini.id-Festival Anak Nagari Kabupaten Pesisir Selatan digelar besok (Sabtu, 30 September 2023) di lapangan sepak bola hijau Kambang Barat, Kecamatan Lengayang. Lokasi ini tak jauh dari destinasi wisata Pantai Pasir Putih, Kambang.

Festival ini bertujuan menggali dan menunjukkan serta melestarikan kembali identitas budaya Minangkabau melalui kesenian tradisional khususnya yang ada di Pesisir Selatan.

Selain itu, festival diadakan di sana, juga sebagai bentuk semangat kebersamaan yang diperlihatkan anak nagari Kambang dalam rangka lebih menghidupkan lagi seni dan budaya di masa mendatang.

"Kegiatan yang berorientasi merawat kesenian tradisional ini, tidak terlepas dari dukungan anggota DPRD Sumbar asal Pesisir Selatan, Muhayatul. Hasil pokok pikiran beliau sebagai wakil rakyat," ujar Jon, seorang tokoh muda Kambang.

Benar, Muhayatul adalah tokoh muda sekaligus mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sumbar yang terus berkontribusi nyata buat pembangunan daerah Pesisir Selatan. Tidak saja irigasi areal persawahan petani, jalan lingkung, program ekonomi produktif buat masyarakat, bantuan sarana sekolah, bantuan sarana rumah ibadah dan lainnya, termasuk peningkatan kapasitas anak nagari Pessel dalam berbagai bidang.

Selain festival, juga dihadirkan beberapa stand kuliner bazar gratis demi memajukan UMKM setempat dalam bidang ekonomi. Acara bazar sendiri diawali dengan senam bersama yang diikuti masyarakat umum, lalu dilanjutkan dengan pembukaan, sambutan tamu undangan.

Kemudian, penampilan adat dari anak nagari yang juga nantinya akan diselingi dengan penampilan dari Guest Star yaitu Rayola. Selanjutnya, penutupan dan pembagian  hadiah serta doorprize.

Muhayatul yang dihubungi menjelaskan, melalui festival itu, masyarakat menampilkan berbagai kegiatan baik berupa olahraga, maupun seni dan budaya. Juga hadirnya UMKM setempat. Jadi selain memperkenalkan dan memasifkan budaya tradisional untuk kalangan generasi muda, juga menghidupkan UMKM masyarakat lokal. (**)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved