arrow_upward

Terbaik Pendampingan Sosper, Sejumlah Staf Terima Penghargaan “Bintang DPRD Sumbar”, Ketua Supardi Berikan Apresiasi

Senin, 21 Agustus 2023 : 18.17

 

Sejumlah staf Sekretariat DPRD Sumbar mendapatkan penghargaan karena dinilai berkontribusi cukup baik dalam pendampingan sosper kedewanan. (ist)


PADANG, ANALISAKINI.ID--Sekretariat DPRD Sumbar memberikan penghargaan kepada 11 staf pendampingan tercepat, terlengkap, akuntabel dan terbaik pada kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) pada 17-18 Juli 2023, sesuai agenda Badan Musyarawarah DPRD Sumbar. 

Sekretaris DPRD Sumatera Barat RaflisSH.MM mengatakan, pemberian reward Bintang DPRD sebagai motivasi dan semangat peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) di lingkungan sekretariat DPRD dalam memberikan pelayanan fasilitasi kegiatanan kedewanan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Ini salah satu inovasi baru dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan SDM di lingkup sekretariat DPRD bersifat reward dan punishmen. Hal ini juga bagaimana sdm DPRD mampu meningkatkan kreativitas dan produktifitas kinerja, sehingga mesin administrasi berjalan sesuai standar baik," ujar Raflis di sela-sela pelaksanaan apel pagi di halaman gedung DPRD setempat, Senin (21/08/2023).

Raflis juga mengatakan, dari rapor kinerja Sekretariar DPRD semester I, rapor hijau namun turun dari sebelumnya masih 10 besar.

“Butuh perhatian besar kita semua dalam berbagai hal dalam percepatan pelaporan kegiatan. Rekomendasi rapor semesteran itu antara lain menyatakan masih rendahnya kinerja staf pendampingan kegiatan kedewanan dalam pelayanan keadministrasian. Kedua, masih belum optimal kinerja staf sekretariat DPRD Sumbar dalam kontribusi produktifitas kegiatan," katanya. 

Raflis tegas kepada Bagian Umum, agar melakukan penindakan disiplin dan pembinaan bagi pegawai sekretariat yang tidak apel pagi dan kehadiran kurang dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari. 

"Kita berharap inovasi reward Bintang DPRD Sumbar ini dapat menjadi salah satu solusi dan upaya-upaya meningkatkan tanggungjawab, prestasi kerja, kinerja pegawai DPRD Sumbar. Sekaligus dengan penghargaan ini akan menambah bobot nilai kinerja dan referensi bukti kinerja setiap staf sekretariat dewan, sebagai bahan pengusulan jabatan, honorer jadi PPPK atau lain sebagainya nantinya," katanya.

Sementara Kabag Persidang dan Perundang -undangan, Zardi Syahrir, SH.MM, sebagai mana yang diperintahkan tugas Sekwan, agar melakukan berbagai inovasi dalam mendorong DPRD berkinerja baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi serta inovasi yang menggerakan potensi sekretariat DPRD lebih produktif dan berkesinambungan. 

"Inovasi reward Bintang DPRD Sumbar ini sebagai simbol semangat kerja setiap staf sekretariat untuk mengabdikan dirinya menjadi yang terbaik. Karena lembaga DPRD ini adalah lembaga besar yang hendaknya mampu memberikan kontribusi besar pula dalam kemajuan pembangunan daerah. Kekuatan dan potensi SDM adalah sesuatu yang utama dalam pelayanan di DPRD Sumbar," jelasnya.

Adapun penerima Penghargaan Staf Pendamping Reward Bintang DPRD Sumbar untuk Laporan Sosper Terbaik periode 17-18 Juli 2023 adalah sebagai berikut:

1. Deny Suryani, S.IP

2. Ida Wulandari, A.Md

3. Eliska, S.IP

4. Fitria Hayani, S.H

5. Yudhi Defrian, S.Sos

6. Alfitriyandi

7. Sri Muhareni, S.H

8. Hj. Mudarni

9. Nofrindo Sandra

10. Mifsyamsir Rahman, S.IP

11. Lisa Kurnia

Ketua DPRD Sumbar Supardi kontan mengapresiasinya. Katanya, peningkatan pelayanan publik merupakan bahagian penting dalam mendorong kemajuan pembangunan baik tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota, termasuk pelayanan administrasi. 

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

"Makanya pelayanan publik yang secara administrasi yang dilakukan aparatur negara sesuatu keharusan, sehingga aktifitas pelaksanaan pembangunan itu berjalan baik dan benar," ujar Supardi.

Supardi juga katakan dalam pembinaan dan penengembangan pelayanan dan kinerja aparatur sesuai dengan reward dan panishmen, sesuai aturan perundang-undangan.

"Inovasi baru pemberian reward Bintang DPRD Sumbar merupakan langkah dan salah satu solusi meningkatkan kinerja aparatur di lingkup sekretariat DPRD Sumbar agar berjalan lebih baik lagi ke depannya dalam fasilitasi tugas-tugas kedewanan," katanya. (n-rel-tt) 

 

 

 

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved