arrow_upward

Hendra Irwan Rahim Puji Puskud Sumbar Dua Tahun Merugi, RAT 2022 Sukses Raih Laba

Sabtu, 26 Agustus 2023 : 23.33
Pengurus Pusat KUD Sumbar bersama Gubernur Mahyeldi, Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim, di sela-sela RAT Tahun Buku 2022, Puskud Sumbar. (humas)

Padang, Analisakini.id-Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim puji pengurus Pusat KUD Sumbar saat ini. Soalnya, setelah alami kerugian cukup besar pada 2020 dan 2021 mencapai Rp1,2 miliar, tapi pada tahun buku 2022, bisa membalikkan fakta, sukses meraup laba pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022.

"Terus terang, ini bukanlah pekerjaan ringan, butuh energi ekstra dan selalu menjunjung tinggi kebersamaan dan jiwa kegotongroyongan. Pengurus menerapkannya dan profesionalitas dalam bekerja. Laba yang diraih pada RAT 2022 mencapai Rp269 juta lebih," katanya.

Dijelaskan Hendra, dengan kerugian yang dialami koperasi, maka kepercayaan bank dan masyarakat akan menurun. Tapi pengurus, pengawas, dan dirut serta jajarannya menyikapi dengan mengelola secara baik dan profesional serta sangat hati-hati. Jika tidak, Pusat KUD Sumbar, bisa kolaps atau bubar.

"Sekali lagi, kami dari Dekopinwil Sumbar mengucapkan aplus dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas dan Dirut beserta jajarannya atas keberhasilannya dalam mengembalikan kejayaan Pusat KUD Sumbar bersama anggota," kata Hendra yang maju sebagai anggota DPD RI pada Pileg 2024 nanti.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah koperasi merupakan amanat dari anggota yang tertuang dalam Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Sesuai dengan UU dan peraturan yang ada, maka pelaksanaan RAT menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Pengurus dan Pengawas Koperasi. 

RAT merupakan bentuk pertangungjawaban Pengurus dan Pengawas kepada Anggotanya. Ini juga bagian dari bentuk transparansi, akuntabilitas dan good governance sebuah organisasi yang profesional.

Melalui RAT ini, anggota Pusat KUD Sumbar dapat mengevaluasi dengan baik perjalanan koperasi selama 2022 apakah kinerja Pengurus, Pengawas dan usaha koperasi sudah berjalan sesuai dengan Rencana Kerja dan RAPB 2022 yang disahkan pada RAT lalu. Jika masih ada kekurangan dan kelamahan selama 2022, mari bersama-sama dalam RAT ini dibicarakan solusinya dan tindakan yang tepat untuk ke depan.

Dalam kesempatan itu Hendra juga menjelaskan soal dekopinwil. Katanya, Dekopin adalah wadah tunggal Gerakan Koperasi selalu mendorong, memfasilitasi dan mengadvokasi supaya koperasi sebagai wadah ekonomi berjalan sesuai dengan prinsip dan tujuan dari koperasi itu sendiri, terutama dalam peningkatan kesejahteraan anggota.

Selain itu, fokus utama Dekopinwil Sumbar ke depan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di koperasi. Modal dasar kemajuan sebuah organisasi dan usaha koperasi sangat tergantung pada mutu sumberdaya manusia yang dimiliki. (**)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved