arrow_upward

DCS PILEG 2024, Dua Tokoh Golkar Sumbar Nyaleg di Partai Ka'bah

Sabtu, 26 Agustus 2023 : 22.10
Erick Hariyona bersama Wahyu Iramana Putra.


Padang, Analisakini.id-Dua tokoh Partai Golkar di Sumatera Barat (Sumbar), mencaleg di Partai Persatuan Pembanguan (PPP) untuk Pileg 2024. Ini terlihat dari Daftar Calon Sementara (DCS) yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dua tokoh Golkar tersebut adalah Wahyu Iramana Putra (mantan Wakil Ketua DPRD Kota Padang sekaligus mantan Ketua DPD Partai Golkar Kota Padang dua periode) dan Erick Hariyona (Bendahara DPD Partai Golkar Sumbar yang kepengurusan sebelumnya adalah Ketua Angkatan Muda Partai Golkar Sumbar).

Dengan bergabungnya dua politisi yang cukup punya nama ini ke partai berlambang Ka'bah, tentu sebelumnya sudah menyatakan mundur dari Partai Golkar. Wahyu sudah lama menyatakan mundur dari Partai Golkar, sedangkan Erick kurang terdengar. Maklum Erick adalah tokoh penting di Golkar Sumbar. Jabatannya badagok pula, Bendahara.

Bahkan Erick termasuk tokoh dan berperan mengantar Khairunnas menang dalam Musda Partai Golkar Sumbar pada 2020. Kesuksesan Erick itu, berbuah pula kepada sang adik Danny Hariyona yang menjabat Ketua AMPG Sumbar merangkap Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumbar.

Wahyu Iramana Putra nyaleg di PPP maju untuk DPRD Kota Padang. Dapilnya Padang 6 (Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo), dengan nomor urut 2 dari 7 caleg.

Sedangkan Erick mencaleg untuk DPR RI dapil Sumbar 1 dengan nomor urut 10. Munculnya nama Erick di DCS Pileg 2024 dari PPP, cukup mengejutkan publik. Karena tidak disangka dan tidak diduga.

Bergabungnya Erick ke PPP, cukup punya alasan. Soalnya ayah kandungnya Hariadi adalah Ketua DPW PPP Sumbar. Hariadi kembali nyaleg untuk DPR RI dari Dapil Sumbar 2 pada Pileg 2024. Dua pileg sebelumnya, 2014 dan 2019, Hariadi gagal ke Senayan setelah kalah dari Muhammad Iqbal (putra tokoh Agam Bachtiar Chamsyah).

Hariadi apes, tidak demikian istrinya Emma Yohanna yang Pileg 2024 kembali maju sebagai calon anggota DPD RI. Emma sukses menang pada Pileg 2009, 2014 dan 2019. Bahkan Pileg 2019, raihan suara Emma benar-benar spektakuler. Mengungguli raihan suara pasangan Jokowi -Ma'ruf Amin yang kalah telah dari pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

Tidak cukup di sini, dua adik Erick juga ikut nyaleg untuk DPRD Sumbar. Danny Hariyona, Ketua AMPG Sumbar maju di Dapil 3 (Agam dan Bukittinggi) dengan nomor urut 2 dari 8 caleg.

Kemudian Nikki Hariyona nyaleg melalui PPP, maju lewat dapil Sumbar 1 (Kota Padang).  Ketua DPC PPP Kota Padang ini berada pada nomor urut 1 dari 10 caleg. Nikki pada Pileg 2019, nyaleg untuk DPR RI. Meski berada pada nomor urut 3, sukses meraih suara terbanyak dari 8 caleg. Tapi sayang, PPP kehilangan kursi untuk pertama kalinya di Dapil Sumbar 1 pada Pileg 2019 itu.

Jadi Erick bersama ayah (Hariadi) dan ibu (Emma Yohanna) pada Pileg 2024 nanti sama-sama bidik kursi Senayan. Dan dua adiknya Danni dan Nikki bidik kursi DPRD Sumbar. Bagaimana peluang ayah, ibu dan tiga anak pada Pileg 2024 nanti? Ada yang bilang berpeluang, tiga punya kans gol, dua apes, lalu dua berpotensi , tiga kalah dan opsi-opsi lainnya. Tapi entahlah. (**)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved