arrow_upward

DIUNDANG BNPB, Hendri Septa Presentasikan Rencana Tindak Lanjut Pemulihan Banjir dan Longsor

Sabtu, 29 Juli 2023 : 10.17
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wako Padang Hendri Septa dan pejabat lainnya. (humas).

Padang, Analisakini.id-Di hadapan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Plt. Sestama BNPB Rustian, para Deputi dan jajaran, Walikota Padang Hendri Septa mempresentasikan segala upaya yang sudah dilakukan pihaknya, sekaligus rencana tindak lanjut pemulihan pascabencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Padang pada 13 dan 14 Juli 2023 lalu.

Hal itu disampaikannya sewaktu mendampingi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi memenuhi undangan pertemuan dari Kepala BNPB dan jajaran di Kantor Graha BNPB, Jakarta, Kamis (27/7).

Pada kesempatan itu juga hadir Bupati Agam Andri Warman, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar dan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur beserta masing-masing jajaran.

"Atas nama Pemko Padang dan warga Kota Padang, saya sangat bersyukur dan menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian BNPB terhadap bencana banjir dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah di  Padang beberapa waktu lalu. Alhamdulillah, BNPB merencanakan bantuan berupa Dana Siap Pakai (DSP) Rp250 juta, yang saat ini masih kita tunggu realisasinya, disertai bantuan logistik yang sudah diserahkan Plt. Sestama BNPB Bapak Rustian, 16 Juli 2023 kemarin," ungkap Walikota mengawali penyampaiannya.

Wako Hendri Septa mengatakan, bantuan tersebut akan digunakan untuk penanganan pascabanjir dan tanah longsor di Padang.

Terkait banjir yang merendam sejumlah titik di Padang, sebutnya, terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi (275mm/hari) dalam durasi yang panjang. Selain itu juga dikarenakan naiknya air pasang laut di saat bersamaan setinggi 1,2 meter.

"Untuk kondisi banjir tersebar di 35 titik lokasi pada 21 kelurahan dari 7 kecamatan di Padang. Banjir terbanyak ada di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Sedangkan bencana tanah longsor terdapat di 12 lokasi pada 8 kelurahan di 3 kecamatan dengan lokasi terbanyak di Kelurahan Bukit Gado-gado," sebutnya.

Untuk bencana ini, tambah Wako lagi, selain menyebabkan cukup banyak rumah warga yang rusak berat, juga meruntuhkan satu unit jembatan. 

"Bencana ini menimbulkan korban jiwa. Dua warga kita yang berusia balita meninggal akibat tertimbun tanah longsor di Bukit Gado-gado," tambahnya.

Lebih lanjut pemimpin Kota Padang mengharapkan dukungan lanjutan dari BNPB untuk penanggulangan banjir atau pun longsor di Padang ke depan.

Di antara usulan yang disampaikan yakni meminta bantuan untuk penyediaan pompanisasi (drainase sistem polder), pompa portable, hingga penggantian jembatan yang putus akibat banjir kemarin. Total biaya semua bantuan itu diperkirakan Rp182,5 miliar.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyambut baik kehadiran Gubernur Sumbar bersama empat kepala daerah disertai jajaran di BNPB. 

Menanggapi apa yang disampaikan Gubernur dan masing-masing Bupati dan Walikota, Kepala BNPB memberikan arahan agar segala kebutuhan yang sifatnya harus segera dan mendesak, maka dapat menggunakan DSP. 

"Namun harus dipahami bahwa ada ketentuan yang berlaku dan harus dipenuhi. Untuk jangka menengah hingga panjang, seluruh kebutuhan yang dianggap perlu dalam pemulihan dan seterusnya dapat menggunakan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi," sebutnya.

 Suharyanto juga menggarisbawahi dan meminta agar seluruh persyaratan yang diperlukan untuk merealisasikan hibah RR dapat dikerjakan dalam tempo sesegera mungkin.

"Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang masih terkatung-katung. BNPB juga tidak menutup kemungkinan akan menggandeng lintas kementerian/lembaga untuk memberikan solusi terbaik penanganan bencana, baik jangka pendek maupun jangka panjang di wilayah Sumbar," bebernya.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Walikota Padang diantaranya, Sekdako Andree Algamar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Plt. Kalaksa BPBD Yenni Yuliza yang juga Kepala Bappeda, Kepala Dinas PUPR Tri Hadiyanto serta lainnya. (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved