arrow_upward

KETUA RT 07 DESRIANDI: Warga Kompak Goro demi Kebersihan Lingkungan Komplek PSG

Minggu, 25 Juni 2023 : 18.13

 

Sejumlah warga goro mengangkat sampah ke truk sampah. (ist).

Padang, Analisakini.id-Beruntung benar warga Komplek Permata Surau Gadang (PSG) RT 07/RW 01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Padang punya Ketua RT baru sekaliber Desriandi. Di bawah kepemimpinannya, RT 07 berbenah. Gotong royong (goro) warga terus digalakkan dan Minggu (25/6/2023) dieksekusi.

"Biasa-biasa saja. Ini hanya meneruskan program Ketua RT sebelumnya. Menjadikan goro lingkungan adalah kebiasaan warga PSG. Tapi kuncinya, ada di tangan warga PSG. Alhamdulillah warga PSG kompak," kata Desriadi di sela-sela goro itu.

Desriandi yang sebelum pensiun menjabat Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sungai Penuh, Provinsi Jambi ini bahkan lebih awal hadir. Sambil menunggu warga lain, mengumpulkan sampah di saluran drainase yang melewati komplek PSG. Dan akhirnya ramai juga. 

“Dengan goro, selain kita berolahraga mengeluarkan keringat, juga baik untuk kesehatan kita. Selain itu, goro juga sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai bagian dari masyarakat, dalam membersihkan dan menata setiap sudut kompleks PSG,“ ujar Desriandi.

Kata Pak Des yang masih kelihatan segar itu, menjaga kebersihan drainase, misalnya, bukan hanya urusan sendiri, namun tanggung jawab bersama. 

“Kita akan selalu mengimbau dan mengajak warga untuk menjaga kebersihan yang ada di sekitar rumah mereka, dan lingkungan kompleks PSG,”katanya.

Ketua RT 07 Desriandi bersama warga Komplek PSG. Sama-sama cap jempol. Kompak kan?. (ist).

Sedangkan Sekretaris RT 07 Fitra Mulia menambahkan, tidak hanya drainase yang diperhatikan, namun beberapa titik lainnya yang bisa diperkirakan menjadi penyebab terjadinya banjir. Salah satunya kebersihan irigasi dan area sekitar irigasi sawah yang berada di sekeliling kompleks juga harus diperhatikan.

“Seperti diketahui bersama, banjir kiriman beserta sampah yang dibawa aliran irigasi sawah, sudah menjadi langganan masalah di kompleks PSG ini. Jadi memang butuh tenaga ekstra warga untuk membersihkan setiap akhir pekan. Apalagi kompleks PSG berdampingan dengan Komplek Indah Pratama I,” ujar Fitra Mulia dan dibenarkan pula oleh Bendahara RT Zulfahmi.

Terkait goro tersebut, Fitra Mulia merasa puas karena cukup banyak warga yang hadir dan ikut bergoro. Program goro yang rutin diadakan minimal 2x sebulan itu sekaligus membersihkan sarana Musala Ali Bin Said Komplek Permata Surga.

"Alhamdulillah, bersih komplek kita," kata Burhan. (*/ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved