arrow_upward

Dean Asli Chaidir : Saatnya Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Diintensifkan kepada Generasi Muda

Rabu, 14 Juni 2023 : 21.45

 

Tokoh muda PAN H. Dean Asli Chaidir, S.IP memberikan sambutan. (ist)

Padang, Analisakini.id-Politisi muda H. Dean Asli Chaidir, S.IP diundang menghadiri pelatihan penyelenggaraan jenazah oleh kongsi Kematian Masjid Nur Rahman Air Camar, Padang.

Diundangnya pengusaha muda yang dikenal santun dan ramah ini, memang bukan untuk memberikan pelatihan, tapi jemaah setempat ingin mengenal lebih jauh sosok Dean.

"Anak muda cerdas dan intelek. Tak disangka, meski muda, tapi mampu memberikan spirit kepada kami yang lebih tua darinya. Yang mengejutkan, santun kata banyak orang, kepada justru lebih santun. Semoga apa yang menjadi harapan anak muda ini dikabulkan oleh Allah SWT, " ujar seorang ibu muda.

Pelatihan penyelenggaraan jenazah yang dipandu seorang ulama. (ist).

Apa yang disampaikan Dean sehingga banyak yang kagum kepada adik kandung Walikota Padang Hendri Septa ini?

Tak banyak. Dean hanya menyampaikan pelatihan penyelenggaraan jenazah sangat penting karena kemampuan untuk mengurus jenazah atau mayat merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Namun untuk melakukan kewajiban tersebut diperlukan pengetahuan dan pemahaman secara utuh.

"Ke depannya kita harapkan bersama bagi generasi muda bisa mengikuti pelatihan jenazah ini bukan yang tua-tua saja, seperti kita tahu sendiri hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah artinya umat Islam diwajibkan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengurus jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, mensholatkan dan menguburkan jenazah sesuai syariat Islam," kata Dean yang juga Bacaleg DPR RI dari PAN.

Dean juga mengutip ayat Alquran yang berbunyi "Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan(nya). (Surat Yunus ayat 49)."

"Intinya kematian itu tidak dapat ditunda-tunda atau dipercepat. Sudah digariskan oleh Allah SWT," katanya. (ef)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved