arrow_upward

Tokoh muda PAN Dean Asli Chaidir: Jadikan Silek sebagai Tradisi dan Kebanggaan Orang Minang

Senin, 29 Mei 2023 : 12.09
Tokoh muda PAN Dean Asli Chaidir hadiri arisan silek dan randai se-Koto Tangah. (ist).

Padang, Analisakini.id-Tokoh muda Partai Amanat Nasional (PAN) H. Dean Asli Chaidir,S.IP diundang mengikuti arisan silek dan randai sasaran se-Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.

Seni tradisi silek merupakan bagian dari identitas masyarakat Minang yang harus kita jaga dan lestarikan, dan tugas kita khususnya silek harus senantiasa kita wariskan kepada generasi muda," kata Dean Asli Chaidir yang diberi kesempatan memberikan sambutan di hadapan para tokoh silek dan peserta arisan, Sabtu malam (27/5/2023) itu.

Pengusaha muda dan energik ini berharap kedepannya sasaran/ perguruan silek di masing-masing kelurahan dapat juga mengadakan silaturahmi ini, sehingga semakin seringnya silaturahmi dilakukan, akan semakin memotivasi anak muda untuk lebih mencintai beladiri tradisi silek.

"Hal ini sekaligus juga membantu pemerintah menanamkan nilai budaya pada generasi muda dan juga mengurangi kenakalan remaja saat ini,"kata Bacaleg DPR RI dari PAN untuk Dapil Sumbar I ini.

Arisan silek dan randai sasaran se-Koto Tangah ini adalah kegiatan rutin tiap bulannya di masing-masing sasaran yang mendapatkan giliran. Malam itu menjadi tuan rumah adalah  di sasaran silat /perguruan Kibar Kamboja Saiyo di Kelurahan Lubuk Minturun.

Hadir juga Walikota Padang diwakili Camat Koto Tangah dan sejumlah pejabat lainnya, Ketua Perguruan/Sasaran Silek se- Koto Tangah, para tuo- tuo silek  serta anak-anak saksian sapaguruan dan  Masril, Pandeka Rajo Mudo sebagai panitia pelaksana.

Atraksi silek sedang berlangsung. (ist).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperkuat silaturahim sesama perguruan/sasaran dan merawat tradisi silat.

Lebih kurang ada 16 sasaran (perguruan) silek yang datang, Setiap sasaran melengkapi kesakralan acar dengan unjuk kemampuan silek sesuai aliran masing-masing. (*/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved