arrow_upward

SPSI Padang Datangi DPRD Sumbar Soal Monopoli Koperbam terhadap Buruh Pelabuhan

Selasa, 02 Mei 2023 : 16.07

 

Puluhan anggota Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Padang, datang ke DPRD Sumbar, Selasa (2/5/2023) (ist).


Padang, Analisakini.id-Puluhan anggota Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Padang, datang ke DPRD Sumbar, Selasa (2/5/2023). Mereka mengeluhkan perihal  polemik yang terjadi di pelabuhan Teluk Bayur dan Bungus Teluk Kabung, yang mana sampai saat ini kegiatan perburuhan di tempat itu masih dimonopoli oleh pihak Koperbam.

Ketua DPC SPSI Padang, Budi Syahrial mengatakan Surat Keputusan Bersama (SKB) Dua Dirjen dan Satu Deputi (Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Pengawasan Pembinaan Ketenagakerjaan dan Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) tentang pembinaan dan penataan koperasi tenaga kerja bongkar muat (TKBM) di pelabuhan sudah dibatalkan.

"Jadi tidak ada lagi cerita monopoli Koperbam di wilayah Teluk Bayur dan Bungus Teluk Kabung karena SKB tersebut sudah dibatalkan," ujar Budi Syahrial.

Kemudian, lanjut Budi, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) beserta Pelindo seharusnya tidak ada lagi "melindungi" kepentingan pribadi atau kelompok sehingga para buruh dapat menjalankan kegiatan sesuai dengan aturan saja.

"Sekarang saja 14 pelabuhan yang ada di Indonesia sudah tidak ada lagi monopoli TKBM, sudah boleh koperasi-koperasi yang ada untuk melakukan kegiatan bongkar muat," jelas Budi.

Terkait aspirasi yang disampaikan SPSI itu, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Datuak Rajo Lelo menyampaikan akan segera menyelesaikan permasalahan tersebut secepat mungkin.

"Kita harus meluruskan masalah ini supaya jangan ada gonjang-ganjing. Dalam waktu dekat kita akan panggil pihak-pihak terkait seperti KSOP, Pelindo dan Koperbam," tegas Indra Datuak Rajo Lelo.(*/ef)



Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved