arrow_upward

HADIRI RAT PKPRI, Hendra Irwan Rahim Optimis Koperasi Tumbuh Kuat sesuai Perkembangan Zaman

Minggu, 07 Mei 2023 : 08.57
Ketua Dekopinwil Sumbar, H. Hendra Irwan Rahim, bersama Gubernur Mahyeldi, Ketua PKP RI Sumbar Hadi Suryadi bersama koperasi berprestasi. (ist).

Padang, Analisakini.id-Ketua Dekopinwil Sumbar, H. Hendra Irwan Rahim menegaskan koperasi optimis tumbuh kuat sesuai perkembangan zaman sekaligus juga dongkrak perekonomian anggota. Bahkan hal inilah yang menjadi  pondasi dan yang melatarbelakangi lahirnya koperasi.

"Motto koperasi itu dari kita, oleh kita dan untuk kita memperlihatkan keberhasilan koperasi itu di tangan pengurus dan anggota. Dikelola baik, dipastikan pertumbuhannya kuat dan bagus serta berdampak positif kepada semua anggota," kata Hendra dalam sambutannya saat menghadiri RAT Tahun Buku 2022 Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKP-RI) di Padang, Sabtu (6/5/2023).

Disebutkan Hendra, koperasi harus dipahami sebagai pelaku bisnis yang mempunyai tantangan internal dan eksternal yang bisa menjadi penghambat dan pendukung tumbuh kembangnya koperasi. Internal seperti SDM dan eksternal seperti skala usaha masih kecil.

"Namun sebagai insan pejuang koperasi, kita tetap yakin dan optimis koperasi dapat tumbuh dan berkembang sesuai kebutuhan anggota dan perkembangan zaman," sebut Hendra.

Keyakinan dan optimis itu, sambungnya, harus diwujudkan dengan program dan kerja nyata di koperasi masing-masing agar koperasi sebagai pelaku bisnis memberikan kontribusi untuk peningkatan perekonomian anggota.

Ke depan, Dekopinwil Sumbar ingin mendorong, memfasilitasi dan mengadvokasi bagaimana koperasi-koperasi di Sumbar betul-betul mempunyai dan menjalankan usaha atas kebutuhan dan untuk kesejahteraan anggota. Juga diharapkan, mampu menjalin kerjasama antar koperasi agar koperasi di Sumbar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Hendra juga menyampaikan Sumbar ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Harkopas ke-76. Ada beberapa agenda yang diadakan antara lai rapimas Dekopin, pencanangan  Sumbar sebagai provinsi Koperasi Syariah, lomba tangkas terampil koperasi tingkat SLTA se-Sumbar, seminar koperasi internasional, Harkopnas Expo, renungan suci di kediaman Bung Hatta di Bukitttiggi dan lainnya.

Untuk lebih memeriahkan peringatan tersebut, diharapkan kepada seluruh gerakan koperasi di Sumbar, termasuk PKP-RI mulai memasang spanduk dan baliho yang bertemakan koperasi serta melakukan pembersihan dan perbaikan kantor koperasi. 

RAT PKP-RI itu dibuka oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi dan dihadiri Kadis Koperasi da UKM Endrizal dan pengurus PKP RI yang diketuai Hadi Suryadi. Dalam kesempatan itu, penghargaan juga diberikan kepada koperasi berprestasi di lingkugan KPRI. (e)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved