arrow_upward

Besok, Ekos Albar Dilantik Gubernur Mahyeldi Jadi Wawako Padang

Senin, 08 Mei 2023 : 17.59
Ekos Albar. (ist).

Padang, Analisakini.id-Wakil Walikota Padang terpilih, Ekos Albar dijadwalkan dilantik hari ini, Selasa (9/5) di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat. Untuk melancarkan rencana tersebut, pihak Ekos Albar sudah menggelar gladi bersih Senin (8/5/2023).

"Benar, tadi sudah melakukan gladi bersih. Pelantikan dalam agendanya direncanakan pukul 14.00 WIB,"sebut Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Marwansyah Senin (8/5/2023).

Dikatakannya, Biro Adpim ditugasi mempersiapkan tempat dan fasilitas pelantikan. Sementara untuk kapasitan dan undangan pelantikan menjadi urusan Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar.

Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Doni Rahmat Samulo membenarkan, pihaknya sudah menyebar undangan untuk pelantikan Wakil Walikota Padang, Ekos Albar. Ekos bakal dilantik oleh Gubernur Mahyeldi.

Untuk undangan tersebut, pihak Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar membatasi sebanyak 100 orang saja. Jumlah itu sesuai dengan kapasitas ruangan yang terbatas.

"Untuk ruangan sesuai dengan saran dari protokol hanya untuk 100 orang, itu bukan pembatasan karena covid-19, tapi keterbatasan kapasitas ruangan,"ujarnya.

Diketahui, sejak ditinggal Mahyeldi menang dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Sumbar dan dilantik pada 25 Februari 2021. Wakil Walikota Padang Hendri Septa dilantik menjadi Walikota Padang..

Sebelumnya posisi Wakil Walikota Padang yang semula dijabat oleh Hendri Septa kosong sejak Walikota periode 2019-2024.

Hendri Septa dilantik sebagai Walikota Padang sisa jabatan 2019-2024 menggantikan Mahyeldi pada 7 April 2021.

Sejak saat itu posisi Wakil Walikota Padang tetap kosong dan tidak diisi sehingga menimbulkan banyak pertanyaan di tengah masyarakat.

Sosok yang akan menduduki kursi Wakil Wali Kota itu menjadi jelas saat proses pemilihan di DPRD setempat dilakukan pada Rabu (5/4/2023).

Ekos Albar yang diusulkan PAN terpilih sebagai Wakil Walikota Padang mengalahkan Hendri Susanto yang diusulkan PKS dalam Rapat Paripurna pemilihan Wakil Wali Kota Padang di DPRD Padang.

Ekos Albar memperoleh suara 36 suara sementara Hendri Susanto hanya mampu meraih sembilan suara dari total 45 pemilik suara dalam rapat paripurna tersebut.

Sementara itu Ekos Albar mengatakan belum menerima informasi tentang jadwal pelantikan. Namun ia menyebut telah menerima pemberitahuan tentang rapat untuk membahas hal tersebut.(ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved