arrow_upward

Torehkan Sejarah, 13 Srikandi Mengisi Kabinet Mahyeldi-Audy, Ini Daftarnya

Selasa, 04 April 2023 : 08.43
Mahyeldi -Audy Joinaldy.


Padang, Analisakini.id-Senin sore (3/4/2022) tadi, Gubernur Sumbar Mahyeldi melantik lima pejabat eselon 2, 4 hasil lelang jabatan dan seorang jobfit. Dengan dilantiknya lima pejabat itu, maka kabinet Mahyeldi-Audy masih tetap ada yang kosong yaitu Kepala Pelaksana BPBD yang masih di-plt-kan. Jabatan eselon 2 di lingkungan Pemprov Sumbar ada 55 jabatan.

Hebatnya, dari 55 jabatan eselon 2 itu, sebanyak 13 orang adalah kaum perempuan. Jarang-jarang hal begini terjadi di Indonesia. Mahyeldi-Audy ciptakan rekor baru. Mudah-mudahan, pihak MURI tahu. Jadi baru saja dapat rekor MURI atas gelar akademik terbanyak yang diraih Wagub Sumbar Audy Joinaldy, sekarang kabinet Pemprov terbanyak pejabat perempuan.

Siapa saja? Yang baru dilantik sore kemarin adalah Febrina Sri Susila Putri sebagai Kadis Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Kuartini Deti Putri sebagai Kabiro Administrasi Pembangunan Setdaprov Sumbar.

Sebelumnya pada 8 Februari 2023, Gubernur Mahyeldi melantik 9 pejabat eselon 2 (pergeseran dan seorang jobfit) empat diantaranya perempuan, yaitu Desniarti (Kepala BPSDM), Reti Wafda (Kepala DKP), Siti Aisyah (Kadiskominfotik) dan Deliyarti (Kepala Inspektorat).

Pertengahan Maret 2022, empat direktur Rumah Sakit (eselon 2 b), dua perempuan yaitu Elvi Fitraneti (Kepala RSUD Solok) dan Aklima (Kepala RSJ Padang). Bersamaan dengan pelantikan direktur rumah sakit ini dilantik pula Lila Yanwar sebagai Kadis Kesehatan dan Ria Wijayanti sebagai Kabiro Perekonomian Setdaprov.

Sebelumnya pada awal Januari 2022, Gubernur Mahyeldi melantik 16 pejabat eselon 2, termasuk Rifda Suriani (Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan), Gemala Ranti (Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana).

Sebelumnya lagi, Fitriati M sebagai Kabiro Organisasi yang dilantik Gubernur pada 1 Oktober 2021.

Dengan demikian, pasangan Mahyeldi-Audy boleh disebut peduli gender. Bahkan bisa-bisa bertambah. Kita tunggu ya? (effendi)





Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved