arrow_upward

KPU Tetapkan 18 Calon DPD asal Sumbar, Hendra Irwan Rahim, Desrio Putra dan Tiga Petahana Lolos, Berikut Daftarnya

Selasa, 11 April 2023 : 23.20


Padang, Analisakini.id --Hasil pleno rekapitulasi dukungan Bakal Calon DPD RI, verifikasi faktual tahap dua ,  akhirnya KPU Sumbar memutuskan 8 Calon DPD tidak lolos. 

"Dari hasil pleno rekapitulasi KPU hari ini, maka Calon DPD RI daerah pemilihan Sumatera Barat untuk Pemilu 2024 adalah 18 orang," ujar Ketua KPU Sumbar Yanuk melalui Kasubag Teknis Sekretariat KPU Sumbar M Rahman, Selasa (11/4/2023) di Padang. 

Rahman mengatakan dari delapan Bakal Calon DPD RI yang masuk verifikasi tahap II, dua Balon DPD RI, Arif Yumardi dan Nasta dinyatakan tidak memenuhi syarat minimal. dukungan. 

"Keduanya tidak memenuhi syarat minimal dukungan, sementara enam lagi dinyatakan memenuhi syarat dukungan sebagai Calon DPD RI," ujar Rahman. 

Menariknya dua bakal calon DPD RI gagal itu sama-sama berasal dari daerah paling solid memilih putra daerah di setiap pemilu langsung yaitu Pesisir Selatan dengan potensi pemilih 350 ribu. 

Arif Yumardi dikabarkan gagal mengatakan Qadarullah di laman facebook @BungArif.

"Saya tidak memenuhi syarat menjadi Calon DPD RI yang hari ini ditetapkan sebagai Calon DPD RI, perjuangan panjang dan melelahkan, akhirnya gagal," ujar Arif Yumardi. 

Arif mengucapkan maaf kepada masyarakat Pessel yang telah memberikan dukungan KTP kepadanya. 

"Semua itu kehendak Allah SWT, maaf kepada para pendukung dan Skuader Haji Arif Yumardi yang bekerja ekstra keras untuk memenuhi syarat dukungan," ujar Arif Yumardi. 

Arif mengaku waktu singkat mengumpulkan KTP dan sistem dipakai KPU membuat dia gagal. 

"Verifikasi pertama gagal, diperbaiki, masuk 2000 lebih KTP, tapi sistem dalam verifikasi faktual kedua KTP pertama pun muncul pula, di sini saya keteter. Lalu tim verifikasi diturunkan KPU kerja tidak maksimal, tidak menemui pendukung. Mereka petugas itu tidak berupaya menghubungi atau video call dengan pendukung saya itu," ujar Arif Yumardi. 

Sementara itu dari 18 Calon DPD RI masih terdapat beberapa nama besar yang di setiap pemilihan DPD RI selalu hokky.

Ada Muslim M Yatim, Leonardy Harmainy dan Senator Perempuan Sumbar peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 Emma Yohana. 

Juga ada Irman Gusman, Hendra Irwan Rahim, Desrio Putra serta Nurkhalis dan Mevrizal. Berikut dafatr lengkap 18 lolos dan dua gagal jadi Calon DPD RI. (**)


Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved