arrow_upward

Azwar Anas Wafat, Weno Aulia Sebut Sumbar Kehilangan Tokoh Besar dan Panutan

Minggu, 05 Maret 2023 : 19.29

 

Azwar Anas.

Padang, Analisakini.id-Kabar duka menyelimuti langit Ranah Minang. Salah seorang tokoh besar sekaligus panutan, meninggal dunia. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. 

Tokoh besar itu, adalah Azwar Anas Dt. Rajo Sulaiman, mantan Gubernur Sumbar, meninggal dunia  saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu 5 Maret 2023 sekira pukul 11.40 Wib.

Ucapan duka beradar luas di media sosial. Sejumlah tokoh pun terkejut atas kepergiaan sang panutan. Tak terkecuali, Ketua Kosgoro 1957 Sumbar Weno Aulia.

"Sumbar kehilangan tokoh panutan dan sangat dikenal berdedikasi tinggi membangun Sumbar ke arah lebih baik. Banyak lakek tangan almarhum yang sulit dilupakan rakyat Sumbar. Mari kita doakan, semoga Bapak Azwar Anas ditempatkan disisi-Nya. Aamiin ya rabbal alamin," kata Weno, yang juga fungsionaris DPP Partai Golkar ini.

Menurut Weno, Letjend TNI (Purn) Ir.H. Azwar Anas Dt. Rajo Sulaiman adalah putra Minang yang dipanggil pulang untuk membangun daerah, khususnya membenahi Semen Padang. Azwar dipanggil pulang oleh Gubernur Sumbar saat itu dijabat Harun Zain.

Sukses membenahi PT Semen Padang dan Harun Zein, dua periode menjabat Gubernur dan kemudian dipercaya masuk kabinet di era kepemimpinan Presiden Soeharto. Jabatan Gubernur Sumbar dilanjutkan oleh Azwar Anas. Juga dijabat selama dua periode.

Dua periode sukses memimpin Sumbar, estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh Hasan Basri Durin. Hasan Basri Durin adalah ayah Weno Aulia.

"Yang saya ingat, pesan almarhum Azwar Anas kepada almarhum papa saya, fokus dan lanjutkan membangun Sumbar ke arah lebih baik. Dan almarhum papa, pegang teguh pesan almarhum Azwar Anas," kenang Weno.

Dan memang, fakta menarik terungkap. Harun Zain dua periode jadi Gubernur Sumbar, setelah itu diangkat jadi menteri. Penggantinya, Azwar Anas juga dua periode jadi Gubernur Sumbar. Habis itu, juga diangkat jadi menteri.

Pengganti Azwar Anas, Hasan Basri Durin, juga menjadi Gubernur Sumbar dua periode. Habis masa jabatan dua periode, Hasan Basri Durin juga diangkat jadi menteri di era reformasi.

Kini, tiga tokoh besar asal Sumbar telah tiada. Azwar Anas menyusul Harun Zain dan Hasan Basri Durin. Selamat jalan Bapak Pembangunan Sumbar. Teruslah ke sorga. Semoga berjumpa kembali di sana. (ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved