arrow_upward

Pemko Padang Usulkan 1.226 Guru Lulus Passing Grade Diangkat Langsung Jadi PPPK 2023

Minggu, 26 Februari 2023 : 17.16

 

Ribuan guru lulus pasing grade saat bersilaturahmi dengan Pemko Padang, Sabtu. (ist)

Padang, Analisakini.id-Pemerintah Kota Padang melalui Kepala BKPSDM Arfian mengusulkan sebanyak 1.226 guru lulus pasing grade pada ujian PPPK 2021 untuk diangkat langsung tanpa tes menjadi guru PPPK pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Arfian saat pertemuan dan silaturahmi akbar antara Forum Guru Lulus Pasing Grade (FGLPG) Kota Padang bersama Pemko Padang, Sabtu (25/2/2023) di Gedung Bagindo Azis Chan Youth Centre.

Untuk usulan formasi instansi Kota Padang berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 212/PMK.07/2022-27-12 tentang Indikator Tingkat Kinerja Daerah dan Ketentuan Umum Bagian Dana Alokasi Umum yang ditentukan penggunaannya tahun anggaran 2023 sebanyak 3.301 formasi.

Dengan perincian formasi tenaga guru PPPK 2.567 formasi, tenaga kesehatan PPPK 541 formasi dan formasi tenaga teknis 163.

Selain itu Arfian juga menambahkan anggaran untuk gaji PPPK 3301 formasi itu sudah masuk dalam APBD Padang.

Khusus untuk PPPK guru, Pemko Padang sudah mengusulkan 2.567 formasi dengan rincian 1.226 guru lulus passing grade, formasi guru sesuai satminkel 753 formasi, formasi guru di luar satminkel tapi masih dalam instansi Kota Padang 367, formasi guru diluar Kota Padang 106 formasi.

"Untuk guru yang tidak lulus passing grade Pemko masih membuka formasi 1.447 formasi karna usulan dari pemko sendiri sebanyak 2.567 formasi," katanya.

Terkait informasi yang simpang siur di luar mengenai pengangkatan PPPK ini, Arfian juga meminta kepada para guru untuk tetap berkoordinasi dengan BKPSDM.

Di hadapan seribuan lebih guru-guru lulus pasing grade yang memadati gedung youth center Bagindo Azis Chan Padang, Arfian menyampaikan Pemko Padang konsen untuk menyelesaikan masalah pengangkatan guru lulus pasing grade ini menjadi PPPK. Mendengar hal tersebut sontak disambut gemuruh takbir dari guru-guru yang hadir.

Saat ini Pemerintah Kota Padang tinggal menungu arahan dari Kementerian PAN RB untuk mengajukan formasi yang akan dibuka secara resmi pada Maret sampai April 2023.

Arfian yang ditemui media setelah acara silaturahmi mengatakan pihaknya meminta agar guru-guru yang lulus pasing grade ini untuk menyiap data dan berkas-berkas, karena pengangkatan guru lulus pasing grade ini tidak lagi melalui ujian seleksi hanya verifikasi data.

"Kami meminta kepada para guru lulus pasing grade untuk menyiapkan dan melengkapi data guna verifikasi," jelasnya.

Ketika ditanyakan kendala apalagi yang akan dihadapi Pemko Padang kedepan untuk pengangkatan PPPK ini, Arfian menegaskan tidak ada lagi kendala karena anggaran untuk penggajuan sudah ada, Tinggal menunggu formasi dibuka secara resmi oleh KemenPAN/RB pada Maret sampai April. "Sudah tidak ada lagi tinggal menunggu dari kemenPAN/RB," pungkasnya.

Hal sama juga disampaikan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Yopy Krislova untuk guru yang lulus passing grade ini hanya pemberkasan dan verifikasi.

"Untuk guru yang lulus passing grade tidak perlu ujian seleksi lagi hanya pemberkasan dan verifikasi saja," tegasnya.

Ketua FGLPG Imran mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Padang. "Terima kasih kepada Pemko Padang, hari ini kita mendapat kabar baik dengan diusulkannya 2.567 formasi untuk guru PPPK termasuk guru lulus passing grade," ungkapnya haru.

"Kedepan kita tinggal menyiapkan berkas dan data untuk verifikasi pengisian formasi sebagaimana yang telah disampaikan oleh bapak Kepala BKPSDM dan Kadis Kendidikan dan kebudayaan," katanya.

Walikota Hendri Septa yang batal hadir karna masih berada di luar daerah, dalam video yang direkam dan diputar di hadapan ribuan guru, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh FGLPG hari ini dan meminta kepada para guru untuk tetap fokus melaksanakan tupoksinya sebagai guru dan selalu mendukung para guru di Padang. (**/ef)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved