arrow_upward

KETUA TP-PKK GENNY HENDRI SEPTA : PKK Diharapkan Selalu Berbuat untuk Kesejahteraan Masyarakat

Selasa, 21 Februari 2023 : 08.12
Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa bersama Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya dan para pemenang lomba antar TP-PKK kecamatan se-Kota Padang. (humas).

Padang, Analisakini.id-Dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan program kegiatan gerakan PKK tingkat kota dengan kecamatan se-Kota Padang di tahun 2023, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Padang seperti biasa kembali menggelar Pertemuan Bulanan dengan diikuti seluruh ketua dan pengurus TP-PKK di 11 kecamatan dan 104 kelurahan.

Kegiatan yang dilangsungkan di Palanta Kediaman Resmi Walikota, Senin (20/2/2023) dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa. Hadir juga Kepala DP3AP2KB Eri Sendjaya mewakili Walikota Padang.

Genny menyampaikan ada banyak hal yang harus terus dilakukan TP-PKK dalam mendukung perwujudan kesejahteraan masyarakat agar dapat terealisasi secara optimal, tentu perlu sinergi dan kolaborasi bersama pemerintah kota, kecamatan dan kelurahan dalam menjalankan 10 program pokok PKK.

Ia mengungkapkan, mengacu hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP-PKK pada November 2022 yang lalu dan telah disampaikan kepada TP-PKK kabupaten/kota se-Sumatera Barat pada 6 Februari 2023, setidaknya terdapat lima poin penting yang perlu dijadikan operasional bagi pengurus TP-PKK Padang ke depan. 

Pertama jelas Genny, program dan kegiatan TP-PKk agar senantiasa berpihak pada kepentingan masyarakat. Kedua, setiap jajaran TP-PKK harus senantiasa merespon kebijakan pemerintah dalam menghadapi situasi ekonomi global, krisis pangan dan krisis energi yang melanda dunia.

"Ketiga adalah kepada segenap jajaran TP-PKK diminta meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan OPD dan lembaga-lembaga mitra kerja PKK untuk mendukung dan menyukseskan program TP-PKK yang pro rakyat dan sejalan dengan program prioritas daerah," paparnya.

Sementara itu poin keempat jelas istri Walikota Padang itu lagi, yaitu mendayagunakan seoptimal mungkin peranan kader-kader PKK dan kader dasawisma dalam pelaksanaan program PKK. Sedangkan poin kelima adalah menjadikan program-program TP-PKK bertumpu pada prinsip pemberdayaan masyarakat yakni dari, oleh dan untuk masyarakat. 

"Dalam hal ini peranan TP-PKK bersama mitra kerja adalah memfasilitasi sesuai dengan permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki," terangnya.

Ketua TP-PKK Padang juga mengharapkan agar TP-PKK tingkat kota hingga kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang bersama kader dasawisma dan kader posyandu ikut berperan aktif dalam menekan prevalensi stunting (gagal tumbuh pada anak balita) di Padang. 

"Stunting merupakan masalah yang cukup serius kita hadapi saat ini. Untuk itu semoga kita semua dapat memberikan sumbangsih baik secara langsung atau pun tidak langsung dalam mensosialisasikan dan mengedukasi ibu-ibu muda untuk dapat memperhatikan gizi anak-anak mereka. Sekali lagi mari kita tingkatkan komitmen dan eksistensi kita dalam enggerakkan dan membina masyarakat untuk melaksanakan 10 program pokok PKK demi mewujudkan keluarga-keluarga yang sejahtera di kota yang kita cintai ini," pungkas Genny menyemangati. 

Dalam kegiatan Pertemuan Bulanan TP-PKK Kota Padang bersama TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Padang tersebut, selain mendengarkan penyampaian program kerja TP-PKK Kota Padang 2023 juga diisi dengan penyampaian ekspos dari Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Padang terkait pelaksanaan 10 program pokok PKK dan inovasi yang dilakukan selama tahun 2022. 

Untuk penyampaian ekspos ini dilombakan antar 11 TP-PKK Kecamatan se-Kota Padang sebagaimana Terbaik I diraih TP-PKK Kecamatan Lubuk Begalung (Lubeg). (do)

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved