arrow_upward

Catatan Hari Pers Nasional 2023, Kongres PWI di Sumbar Titik Awalnya

Jumat, 10 Februari 2023 : 09.49

 

Hj. Nevi Zuairina. (ist)

oleh Nevi Zuairina

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada 9 Februari setiap tahun, dimana tahun ini diselenggarakan di Kota Medan, Sumatera Utara. Sejarah panjang penetapan HPN ini tidak terlepas dari Kongres Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 1978 di Padang, Sumatera Barat. 

Salah satu butir keputusannya disepakati menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. 

Keputusan kongres PWI ini dibawa ke sidang Dewan Pers di Bandung 19 Februari 1981, dan disetujui untuk disampaikan kepada Pemerintah sekaligus menetapkan Hari Pers Nasional.

Setelah itu, Presiden Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, yang menetapkan HPN diselenggarakan setiap 9 Februari. Hal ini didasarkan tanggal pembentukan PWI, 9 Februari 1946, yang pada masa orde baru satu-satunya organisasi wartawan yang diakui pemerintah. Kemudian, Dewan Pers menetapkan HPN dilaksanakan secara bergantian di Ibukota Provinsi se-Indonesia.

HPN merupakan momentum penting bagi kita semua untuk mengapresiasi peran pers dalam masyarakat dan mempromosikan pentingnya independensi. Diharapkan, pers bisa menjadi panduan dalam kehidupan berdemokrasi, terutama dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah serentak nanti. (***)

Penulis, Anggota DPR RI dari Fraksi PKS

Bagikan

Terbaru

Copyright © Analisakini.id | Jernih Melihat - All Rights Reserved